Kamis, 16 Mei 2019 18:28 WIB

Gamer Ikut Sumbang Kenaikan Traffic Smartfren Bulan Ramadhan

Sudirman Wamad - detikInet
Ilustrasi main game online: Edi Wahyono Ilustrasi main game online: Edi Wahyono
Jakarta - PT Smartfren Telcom Tbk mengungkap adanya kenaikan traffic cukup besar per hari selama bulan Ramadhan. Aktivitas di media sosial (medsos) dan gamer ikut menyumbang.

"Peningkatan traffic ada. Peningkatan itu terjadi dari pukul 01.00 WIB hingga 16.00 WIB, ya sekitar 15 persen setiap hariannya," kata VP Technology Relations dan Special Project Smartfren Munir Syahda saat berbincang dengan detikcom di kawasan Jalan Bypass Brigjend Darsono Kota Cirebon, Kamis (16/5/2019).

Kenaikkan traffic tersebut, dikatakan Munir, disumbang dari aktivitas penggunaan sosial media dan aplikasi streaming. Tak hanya itu, aktivitas para game online juga menyumbang kenaikan selama Ramadhan.




"Kenaikan traffic itu disumbang para gamers," kata Munir.

Munir menambahkan kenaikan traffic bakal mengalami peningkatan lagi menjelang lebaran. Ia memprediksi dari angka 15 persen saat ini bisa mencapai 30 persen nanti. Meningkatnya traffic itu lantaran aktivitas masyarakat mulai mengalami perubahan.

"Kalau ramadhan kan dari 01.00 WIB sampai 16.00 WIB, mendekati lebaran dan lebaran itu 24 jam full peningkatannya. Biasanya seminggu sebelum lebaran sudah mulai terasa," kata Munir.


(krs/rns)