Rabu, 15 Mei 2019 08:14 WIB

Jelang Lebaran, Kominfo Pantau Kelancaran Layanan Operator

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan pantuan kualitas jaringan telekomunikasi di sepanjang jalur mudik, termasuk terminal, pelabuhan, dan bandara.

Menurut Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu pihaknya telah melakukan pengukuran kualitas jaringan untuk memastikan kesiapan operator seluler dalam mendukung penyelenggaraan layanan mudik tahun 2019.


"Kegiatan pengukuran Quality of Service (QoS) telah dilaksanakan oleh tim Direktorat Pengendalian Pos dan Informatika Ditjen PPI pada tanggal 2-7 Mei 2019 di Kota Solo, Yogyakarta, dan Semarang. Kemudian, pada tanggal 8-10 Mei 2019 juga dilakukan pengukuran jaringan di Kota Makassar dan akan berlangsung di beberapa kota selanjutnya seperti Surabaya, Banjarmasin, Balikpapan, Medan, Palembang, dan Padang," kata Ferdinandus dalam pernyataan tertulisnya.

Disampaikan Ferdinandus, pemerintah saat ini melakukan persiapan, baik jalur mudik dari Jakarta hingga ke luar jalur yang dilewati pemudik, seperti ke Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Belum lama ini juga, pemerintah merilis portal infomudik.go.id yang disiapkan oleh Kantor Staf Presiden bersama kementerian, lembaga, dan perusahaan BUMN terkait.


Diketahui, portal tersebut dilengkapi tiga fitur utama, yakni akses jalan, rute terbaik, serta rest area. Adapun fitur yang berisikan informasi mengenai klinik dan posko kesehatan terdekat sepanjang jalur mudik.

Melalui infomudik.go.id, dikatakan pemerintah bahwa masyarakat juga dapat mengunggah temuan mereka akan tambahan informasi, termasuk terkait tempat kuliner dan destinasi wisata baru.



Tonton juga video Mudik via Tol Trans Jawa? Berikut Ini Daftar Tarifnya:

[Gambas:Video 20detik]

(agt/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed