Sabtu, 04 Mei 2019 06:44 WIB

Chris Kanter, Dirut Indosat yang 'Seumur Jagung'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Chris Kanter. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Chris Kanter. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Chris Kanter belum lama menjabat sebagai Direktur Utama Indosat dan sekarang ia telah mengundurkan diri. Pria kelahiran Manado ini menempati posisi tersebut pada 17 Oktober 2018.

Artinya, kurang lebih Chris hanya menjadi Dirut Indosat belum genap 7 bulan. Ia menggantikan sosok Dirut Indosat sebelumnya, Joy Wahjudi, yang lengser pada akhir September 2018.

Chris sendiri sudah berkiprah di berbagai bidang. Pria kelahiran Manado ini adalah Ketua dan Pendiri Sigma Sembada Group, kontraktor alat berat terkemuka yang bergerak di bidang transportasi dan logistik.



Dia pernah berperan sebagai Penasihat Senior Kementrian Perdagangan RI sejak tahun 2014 dan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia (1994-2015). Chris juga tergabung di Dewan Penasehat KADIN Indonesia dan Dewan Penasehat Asosiasi Pengusaha Indonesi (APINDO).

Dia juga tercatat sebagai Wakil Presiden Komisaris PT Bank BNP Paribas Indonesia, Ketua Dewan Pendiri Swiss German University (SGU), Wakil Ketua International Federation of Freight Forwarders Associations (FIATA) di Asia Pacific, Ketua Dewan Pendiri Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI), Ketua Dewan Pendiri Indonesian Services Dialogue (ISD), dan anggota Dewan Gubernur di East West Center, Amerika Serikat.

Sebelumnya, Chris merupakan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (1998-2002) dan Presiden Kamar Dagang Jerman-Indonesia (EKONID) (2007-2009). Dia pun ditunjuk pemerintah Indonesia menjadi Penasihat Ekonomi Presiden di Komite Ekonomi Nasional (KEN) (2009-2014) dan anggota Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) (2010-2-14).

Lelaki kelahiran 25 Juli 1952 ini juga pernah ditunjuk anggota Tim Monitoring untuk Instruksi Presiden (Inpres) mengenai Paket Kebijakan Peningkatan Iklim Investasi di Indonesia dan diangkat Pemerintah untuk memimpin sejumlah perhelatan penting di Indonesia.

Misalnya Pameran dan Konferensi Infrastruktur Indonesia I & II, Presidential Lectures yang menampilkan Bill Gates, Global Entrepreneurship Summit yang menampilkan Hillary Clinton, dan berbagai forum pemimpin internasional lain di Indonesia.

Chris pun sering diundang sebagai pembicara di pertemuan internasional, konferensi, dan seminar tingkat tinggi di seluruh dunia.

Berbagai rencana ia gaungkan ketika didapuk jadi CEO Indosat. Namun mendadak ada kabar mengejutkan bahwa Chris mengundurkan diri. baru Kamis kemarin (2/5/2019) Indosat Ooredoo menhelat public expose hasil Rapat Umum Pemengang Saham Tahunan 2019 dan tidak membahas soal ini.



Pihak Indosat Ooredoo rupanya juga telah menunjuk pengganti. Informasi tersebut terungkap dari salinan surat perubahan manajemen Indosat Ooredoo yang dikirimkan Waleed Mohamed Al Sayed, President Commissioner of Indosat Ooredoo.

Disebutkan kalau Chris Kanter akan kembali ke peran awalnya sebagai dewan komisaris. Sebagai pengganti ditunjuk Ahmad Abdulaziz Al Neama sebagai Direktur Utama Indosat Ooredoo yang baru dan mulai aktif mulai 2 Mei 2019.

detikINET telah coba mengonfirmasi ke pihak Indosat Oredoo, namun mereka masih belum berkomentar banyak. "Mohon maaf, kami tidak bisa berkomentar atas hal tersebut." ujar Turina Farouk, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo saat dihubungin via WhatsApp.


Simak Juga 'Indosat Ooredoo Pastikan Jaringan Aman Meski Trafik saat Lebaran Tinggi:

[Gambas:Video 20detik]


Chris Kanter, Dirut Indosat yang 'Seumur Jagung'
(fyk/afr)