Selasa, 26 Mar 2019 13:40 WIB

XL Masih Negosiasi agar Layanannya Tersedia di Rute MRT

Agus Tri Haryanto - detikInet
MRT Jakarta. (Foto: Grandyos Zafna) MRT Jakarta. (Foto: Grandyos Zafna)
Jakarta - XL Axiata (XL) terus berupaya menghadirkan layanan telekomunikasinya di rute Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Proses negosiasi dengan pihak MRT masih berlangsung.

Direktur Teknologi XL Axiata Yessie D. Yosetya mengatakan, pihaknya mendukung penuh penyelenggaraan layanan telekomunikasi untuk membantu kelancaran masyarakat dalam berkomunikasi termasuk di jalur MRT.

"Saat ini masih dalam tahap diskusi dan negosiasi dengan pihak penyelenggara fasilitas di layanan MRT tersebut," kata Yessie dalam pesan singkatnya kepada detikINET, Selasa (26/3/2019).

Ditanya mengenai estimasi jaringan XL terpasang di sepanjang jalur MRT rute Bundaran HI hingga Lebak Bulus, Yessie tak memberikan rincian. Ia hanya menjawab bahwa itu menunggu kesepakatan di antara kedua belah pihak.

"Apabila dicapai kesepakatan dengan pihak penyelenggara fasilitas di MRT tersebut," tuturnya.




Diketahui, sejauh ini baru ada layanan telekomunikasi dari Telkomsel yang terpasang di rute MRT Jakarta. Operator ini mengaku sudah memasang 48 BTS di 13 stasiun yang dilewati moda transportasi anyar ibu kota ini.

Sementara itu President Director & CEO Indosat Ooredoo Chris Kanter, sebagaimana dikutip dari CNNIndonesia.com, sudah menyebut bahwa biaya yang harus digelontorkan operator untuk memasang jaringan telekomunikasi di MRT Jakarta masih sangat mahal.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara sempat mengatakan bahwa idealnya seluruh operator seluler menggelar jaringan di rute dan stasiun MRT Jakarta, baik saat di terowongan bawah tanah maupun di atas tanah.

"Kita kan maunya seperti di Singapura, orang bisa komunikasi di mana saja kala gunakan MRT," kata Rudiantara di Jakarta beberapa waktu lalu.






Tonton juga video DPRD Tetapkan Tarif MRT Rp 8.500 Per 10 Kilometer:

[Gambas:Video 20detik]


XL Masih Negosiasi agar Layanannya Tersedia di Rute MRT
(agt/krs)