Rabu, 27 Feb 2019 21:26 WIB

LinkAja Mulai Bisa Dijajal Lagi

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: dok. LinkAja Foto: dok. LinkAja
Jakarta -
Setelah beberapa waktu lalu proses konversi LinkAja dari Tcash sempat terkendala, pada hari ini layanan besutan Kementerian BUMN tersebut sudah bisa digunakan lagi.


Persoalan login yang banyak dikeluhkan oleh pengguna Tcash ketika beralih ke LinkAja kini sudah tak terasa. Saat melakukan transaksi pun terbilang lancar. Setidaknya begitu yang dialami detikINET, Rabu (27/2/2019), walaupun belum ada tanggapan resmi dari pihak Telkomsel saat dimintai konfirmasi lebih rinci.





Pengguna yang sebelumnya memakai Tcash kini bisa melakukan update ke LinkAja. Sementara untuk pelanggan baru bisa mengunduh aplikasi LinkAja, yang sudah tersedia bagi pengguna ponsel Android dan iOS di smartphone Apple.


Sebagai catatan, aplikasi LinkAja ini sudah yang terbaru, yaitu versi 3.0.2.


LinkAja merupakan merek layanan uang elektronik yang dioperasikan oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya), sebuah perusahaan baru yang yang kepemilikannya saat ini dikuasai oleh Telkom melalui Telkomsel.


Terbentuknya Fintech ini berawal dari PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk membuat anak usaha baru, yaitu PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) melalui PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel). Ini akan menjadi induk dan pengelola layanan dompet digital dan milik BUMN yang diberi nama LinkAja.






Sebagai layanan atau produk uang elektronik, LinkAja merupakan sinergi layanan keuangan dari Bank Mandiri (e-cash), Bank BNI (Unikqu), Bank BRI (Tbank), dan Telkom Group (Tcash dan T-money).


Sejauh ini, baru pelanggan Tcash yang mulai diintegrasikan dengan LinkAja. Sementara itu untuk pelanggan banking lainnya, direncanakan dilakukan pada bulan Maret 2019.


Nantinya, saat LinkAja mulai beroperasi menyediakan berbagai layanan, seperti pembayaran tagihan (listrik, PDAM, BPJS, internet); transaksi di merchant seperti Pertamina, pembayaran moda transportasi, hingga pembelian online.


(agt/krs)