Jumat, 22 Feb 2019 17:05 WIB

Rudiantara Sebut Palapa Ring Paket Timur Selesai Mei atau Juni

Mochamad Solehudin - detikInet
Menkomimfo Rudiantara. (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET) Menkomimfo Rudiantara. (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut pengerjaan Palapa Ring paket timur selesai paling lambat Juni 2019. Saat ini progresnya telah mencapai 91 persen.

"(Palapa Ring paket timur) ini progresnya sudah 91 persen. Itu Insyaallah kuartal dua tidak lebih dari bulan Mei atau Juni (pengerjannya) selesai," katanya, saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (22/2/2019).

Dia mengungkapkan, pembangunan Palapa Ring paket timur ini tidak semudah dengan pembangunan paket Barat dan tengah. Pasalnya di wilayah timur ini medannya cukup berat karena berbukit dan bergunung.




Sejauh ini total panjang kabel fiber optik yang sudah dipasang mencapai 8.000 km untuk laut dan 4.000 km untuk di darat. "Paket timur ini tantangan tinggi. Di Papua, Papua Barat ada 41 kabupaten yang dibangun," ucapnya.

Sementara itu, lanjut dia, untuk Palapa Ring paket barat telah beroperasi pada Maret 2018 lalu. Sementara untuk Palapa Ring paket tengah telah beroperasi sejak Januari 2019.




"Untuk paket timur ini tidak lebih dari bulan Mei atau Juni selesai. Sehingga pertengahan tahun bisa diintegrasikan," ucapnya.

Dia menambahkan, proyek pembangunan Palapa Ring atau pembangunan jaringan serat optik yang mengitari tujuh pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua ini menggunakan skema pembiayaan Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Konsepnya bukan pemerintah yang bangun tapi distruktur pake KPBU. Untuk paket Barat oleh swasta, tengah BUMN dan timur oleh swasta," ujarnya.


(mso/krs)