Rabu, 20 Feb 2019 07:30 WIB

Koneksi 4G Indonesia Masih Lelet

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Opensignal kembali merilis laporan terkait koneksi 4G di sejumlah negara. Terungkap kalau kecepatan jaringan generasi keempat di Indonesia lelet dibanding negara lain.

Ada 77 negara yang diteliti oleh Opensignal. Mereka mengumpulkan data dari 3 miliar pengukuran individual setiap harinya, baik di waktu normal maupun sibuk, dari puluhan juta smartphone di seluruh dunia.


Adapun aspek yang diukur ketersediaan 4G, kualitas saat memutar video, kecepatan download dan upload, serta besarnya latensi. Hasil yang didapat kemudian diurutkan dari yang tercepat hingga paling lambat.


Korea Selatan menjadi negara dengan kecepatan download tertinggi di muka bumi. Kecepatan tertinggi yang ditorehkan 55,7 Mbps, sementara paling lambat tercatat 40,8 Mbps.

Posisi kedua ada Singapura. Negara ini punya kecepatan download terlambat 41,4 Mbps. Sementara kecepatan paling ngebut saat mendownload mencapai 54,7 Mbps.


Di bawah Singapura secara berurut ada Norwegia, Belanda dan Australia. Lalu di mana posisi Indonesia.

Dari 77 negara yang diteliti oleh Opensignal, negara kita berada di posisi ke-74. Kecepatan download paling tinggi tercatat hanya 18,5 Mbps. Sementara kecepatan paling rendah 5,7 Mbps.

Posisi Indonesia memang tertinggal dari negara Malaysia dan Filipina, bahkan dari Vietnam, Myanmar dan Kamboja. Pun begitu sedikit lebih baik ketimbang Thailand maupun India. Berikut grafik lengkapnya:

Koneksi 4G Indonesia Masih LeletFoto: Opensignal
Opensignal melihat koneksi 4G di seluruh kurang konstan. Ada beberapa negara menghadirkan koneksi mencapai di atas 30 Mbps, tapi dapat turun ekstrim menjadi 7 Mbps.

Teknologi 5G dinilai Opensignal bakal mengatasi masalah tersebut. 5G tidak hanya akan memberikan kecepatan yang sangat cepat tetapi juga landasan kapasitas yang solid, untuk meratakan masalah konsistensi yang kita lihat pada jaringan 4G saat ini.

Koneksi 4G Indonesia Masih Lelet
(afr/afr)