Jumat, 07 Des 2018 17:27 WIB

Laporan dari Hawaii

Qualcomm: 2019 Adalah Tahun 5G

Agus Tri Haryanto - detikInet
Suasana acara. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Suasana acara. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Hawaii - Qualcomm meyakini bahwa era 5G kian dekat, di mana 2019 akan menjadi tahunnya. Meluncurkan chipset Snapdragon 855 menjadi awal dari perjalanan menuju implementasi 5G.

Hal itu didukung dengan komitmen operator seluler, yakni AT&T dan Verizon di Amerika Serikat, yang akan menggelar layanan 5G komersial mereka kepada para pelanggannya.

Presiden Qualcomm Incorporated, Cristiano Amon, mengatakan bahwa dalam beberapa bulan ke depan atau awal tahun 2019, akan bermunculan smartphone yang mendukung jaringan 5G.



"Kami percaya dalam beberapa bulan ke depan kita akan melihat smartphone 5G unggulan. Ini akan meletakkan fondasi untuk smartphone dapat terhubung perangkat lainnya. Itu bisa dilihat pada paruh pertama tahun 2019," tuturnya di Snapdragon Tech Summit 2018 di Maui, Hawaii, Amerika Serikat.

Snapdragon 855 yang Qualcomm luncurkan pada ajang tahunnnya kali ini dirancang oleh mereka untuk dapat mendukung jaringan 5G.
Qualcomm: 2019 Adalah Tahun 5G2019 menurut Qualcomm adalah tahun 5G. Foto: Agus Tri Haryanto/inet

Sejauh ini, ada dua produsen smartphone yang telah mengumumkan akan menghadirkan ponsel 5G di awal tahun depan, yaitu Samsung dan OnePlus.

Samsung seperti yang diungkapkan oleh Justin Denison, Senior Vice President Mobile Product Strategy and Marketing Samsung Electronics America, menyatakan kalau pihaknya percaya diri merilis smartphone 5G.



"Kita akan luncurkan smartphone 5G pertama di Amerika Serikat pada paruh pertama tahun 2019," ujar Denison.

Sedangkan, OnePlus mengklaim kalau merekaakan jadi vendor pertama di dunia yang akan menggunakan Snapdragon 855. Tak hanya itu, OnePlus pun siap memasarkan smartphone 5G tersebut, tetapi hanya dipasarkan di Eropa.

"Kami siap menyongsong era 5G. Kami telah berkerjasama dengan Qualcomm untuk menghadirkan 5G," pungkas pendiri dan CEO OnePlus, Pete Lau.



Tonton juga ' Ini Alasan Snapdragon 636 Dilengkapi Kecerdasan Buatan ':

[Gambas:Video 20detik]

Qualcomm: 2019 Adalah Tahun 5G
(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed