Selasa, 13 Nov 2018 14:31 WIB

X-Camp, Salah Satu Bentuk Keseriusan XL Garap IoT

Agus Tri Haryanto - detikInet
XL Axiata memperkenalkan X-Camp, sebuah laboratorium IoT (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET) XL Axiata memperkenalkan X-Camp, sebuah laboratorium IoT (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta - XL Axiata (XL) menunjukkan keseriusan menggarap bisnis Internet of Things (IoT). Salah satunya dengan mewujudkan X-Camp, sebuah laboratorium IoT.

Bagi XL, IoT menjadi salah satu solusi digital yang memiliki potensi besar 2-3 tahun ke depan, seiring berkembangnya kebutuhan untuk mempermudah berbagai aktivitas individu dan industri.

Secara bisnis, IoT memiliki potensi yang besar dan memungkinkan untuk dikembangkan lebih luas di Indonesia, di mana kebutuhan atas layanan data dan solusi-solusi digital terus meningkat, baik oleh individu maupun korporasi.




X-Camp, yang juga disebut XL sebagai rumah IoT, terletak di kantor XL Axiata Tower, Jakarta. XL juga mengklaim terus berperan aktif dalam mengembangkan industri IoT dengan adanya NB-IoT, Flex IoT, Fleetech, dan kini X-Camp.

"Guna menyambut memperluas implementasi IoT, XL mewujudkan komitmennya dengan membangun lab IoT yang kita namakan X-Camp," ujar Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini di XL Axiata Tower, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Dian berkeinginan agar X-Camp nantinya bisa menjadi wadah bagi para developer yang ingin melahirkan produk sebagai solusi IoT untuk di masa mendatang.

"Kami harap XL Axiata menjadi salah satu yang terdepan yang proaktif dalam memunculkan ide, realisasikan produk, dan solusi IoT," ucapnya menegaskan.

Pada kesempatan ini, X-Camp juga turut diresmikan oleh dua menteri terkait, yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dan Menteri Industri Airlangga Hartarto.


X-Camp, Salah Satu Bentuk Keseriusan XL Garap IoTFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET


X-Camp akan mulai efektif beroperasi di pertengahan November 2018. Di dalamnya ada sejumlah fasilitas, di antaranya ruang kerja yang dapat digunakan oleh para developer untuk membuat dan mengembangkan prototype produk IoT hingga versi small scale production.

Lalu ada juga ruangan dan alat-alat untuk pengetesan user experience. Tidak ketinggalan fasilitas untuk menampilkan produk-produk dan solusi IoT yang dihasilkan X-Camp dan juga ruangan untuk bertemunya para stakeholder.




X-Camp dikatakan menjadi satu-satunya Lab IoT yang tergabung di GSMA Lab Alliance di Kawasan Asia Tenggara. X-Camp akan turut aktif mengembangkan potensi sumber daya lokal, termasuk dari kalangan perguruan tinggi.

Saat ini X-Camp telah menjalin kerja sama dengan sejumlah kampus terkemuka di Indonesia, termasuk diantaranya UGM, Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan menyusul beberapa universitas lainnya sebagai bagian program X-Camp Lab Alliance untuk bersama-sama membangun ekosistem IoT secara berkesinambungan.

X-Camp, Salah Satu Bentuk Keseriusan XL Garap IoTFoto: Agus Tri Haryanto/detikINET



(agt/krs)