Kamis, 08 Nov 2018 06:07 WIB

Streaming Video, Operator Ini Juaranya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi menonton video streaming. Foto: ucast Ilustrasi menonton video streaming. Foto: ucast
Jakarta - Melalui laporan State of Mobile Video, OpenSignal memaparkan tingkatan pengalaman terbaik untuk urusan nonton video di tiap negara di wilayah Asia dan Australia.

Setidaknya ada 14 negara yang dianalisa oleh mereka, di antaranya Australia, Filipina, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Kamboja, Korea Selatan, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Analisa pengalaman nonton video yang dibuat OpenSignal ini menggunakan skala 0-100, di mana skor 100 sebagai nilai tertingginya.


Hasilnya, pengalaman video di Singapura jadi yang paling tinggi dengan memperoleh skor 66,9 dan Filipina di urutan paling bontot dengan skor 35. Sebagian besar negara di Asia ini menerima nilai Good sampai Fair.

Untuk mendapatkan skor tinggi, OpenSignal menilai dari waktu loading yang cepat, waktu tunda yang rendah saat melakukan streaming, dan mengakses video dengan resolusi tinggi.

Lantas, di mana posisi Indonesia? Rupanya negara kita ini menduduki urutan ke-12 untuk urusan pengalaman nonton video yang mendapatkan skor 53,08.

Streaming Video Enaknya Pakai Operator Mana?Foto: OpenSignal


Faktor kecepatan download cukup berpengaruh pada pengalaman menonton video. Di negara yang masih mengembangkan jaringan LTE, OpenSignal menemukan korelasi antara kecepatan dan pengalaman video.

Dalam laporan State of Mobile Video ini juga, lembaga riset telekomunikasi turut memaparkan operator seluler yang paling 'memberikan kenyamanan' bagi pelanggan dalam menonton video.

Telkomsel Juaranya

Khusus Indonesia, Telkomsel berada di urutan terbaik dengan perolehan skor 53,08. Kemudian dilanjutkan dibelakangnya secara berurutan, XL 45,19, Smartfren 40,44, Hutchison 3 Indonesia (Tri) 38,86, dan Indosat Ooredoo 30,57.

Layanan video sendiri memang tengah digandrungi. Telkomsel mencatat pelanggannya menggunakan sekitar 63% kuota data yang dimilikinya untuk video streaming. Selain itu, dalam kurun waktu setahun terakhir, pertumbuhan trafik konten video di jaringan mereka meningkat signifikan hingga 250%.

Streaming Video Enaknya Pakai Operator Mana?Foto: OpenSignal


Di antara berbagai operator seluler Tanah Air, Telkomsel belakangan terlihat serius menggarap segmen layanan video. Ini bisa dilihat dengan adanya platform nonton video milik Telkomsel sendiri, yaitu MAXstream. Aplikasi video ini berisi berbagai konten seperti film, TV show, olahraga, maupun kartun dari berbagai saluran layanan video on demand dan TV internasional. Sejak diluncurkan di tahun 2016, MAXstream telah menjadi salah satu layanan video yang paling diminati masyarakat Indonesia dengan tujuh juta unduhan.



Untuk menarik trafik ke layanan ini, MAXstream terbilang agresif dengan menjadi Official Mobile Partner untuk World Cup beberapa waktu lalu. Tidak lama setelahnya, MAXstream kembali menambah konten olahraga di dalam platformnya melalui saluran BEIN Sports (saluran siaran langsung liga sepak bola dunia, golf, tenis, dll). Tak tanggung-tanggung, MAXstream juga memproduksi original series dengan cita rasa lokal bertajuk "Brata" yang dibintangi Oka Antara.

Telkomsel menyatakan akan terus serius menggarap layanan video ini mengingat akses film di Indonesia masih tergolong rendah, karena layar bioskop masih terbatas dibandingkan dengan jumlah penduduk. Dengan pertumbuhan ponsel pintar serta dukungan jaringan broadband , kendala akses ini bisa teratasi dengan menonton di layanan mobile seperti MAXstream. Bahkan MAXstream juga berencana untuk bisa menjadi wadah bagi konten-konten video lokal yang berkualitas. (agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed