Jumat, 26 Okt 2018 21:32 WIB

Ramaikan Ideafest, Telkomsel Hadirkan Experience Zone

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta - Gelaran Ideafest 2018 merupakan kesempatan industri kreatif dan teknologi untuk menyatu. Untuk itu ajang pencarian bakat startup binaan Telkomsel, NextDev berkolaborasi dengan ajang ini.

Untuk lebih meramaikan kolaborasi ini, Telkomsel pun menghadirkan Experience Zone yang bisa dinikmati pengunjung Ideafest.

"NextDev kita punya format yang berbeda karena kita gabungkan dengan Ideafest," kata Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah saat ditemui di Telkomsel Experience Zone, JCC, Jakarta, Jumat (26/10/2018).



"Kali ini ada beberapa acara paralel, jadi ada Experience Zone dan ada beberapa seminar di ruangan terpisah mulai dari hari ini sampai besok," sambungnya.

Sebagian pengunjung mungkin ada yang familiar dengan Telkomsel Experience Zone yang pernah diadakan saat gelaran Asian Games. Tapi Experience Zone kali ini memiliki tema yang berbeda.

"Beda fokusnya, kalau yg di Asian Games lebih fokus ke 5G. Kalau yang ini lebih luas," jelas Ririek.

Ramaikan Ideafest, Telkomsel Hadirkan Experience ZoneFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET


"Malah tidak ada 5G-nya tapi ada IoT (Internet of Things), ada berbagai layanan digital yang lain," lanjutnya.

Selain IoT, ada juga banyak layanan lain yang dihadirkan seperti Big Data, layanan keuangan mobile, hingga perpustakaan digital.

Menurut Ririek, adanya Experience Zone ini penting untuk menyebarkan informasi tentang layanan digital yang bisa dimanfaatkan di era Revolusi Industri 4.0. Terutama untuk teknologi baru seperti IoT dan Big Data.

Ia mengaku bahwa infrastruktur IoT yang dikembangkan oleh Telkomsel masih dalam tahap awal. Tapi ia percaya dengan dukungan mitra akan mempercepat penerapan IoT untuk sektor-sektor yang bisa mengambil manfaat dari otomasi, seperti perikanan dan pertanian.



"Beberapa contohnya seperti untuk perikanan, itu beberapa mulai diterapkan termasuk untuk yang pertanian sudah mulai diterapkan untuk meningkatkan produktivitas dari berbagai jenis tanaman," pungkasnya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed