Menkominfo Puas Penuhi Target Ponsel 4G Murah

Menkominfo Puas Penuhi Target Ponsel 4G Murah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 25 Okt 2018 22:25 WIB
Suasana acara. Foto: Virgina Maulita Putri/detikinet
Jakarta - Menkominfo Rudiantara memaparkan pencapaian Kementerian Komunikasi dan Informatika selama empat tahun terakhir.

Beberapa target Kominfo yang ditetapkan di awal pemerintahan Presiden Jokowi pun diklaim telah tercapai, salah satunya pengadaan ponsel 4G di bawah Rp 1 juta.

"Waktu itu kita juga bicarakan kita targetkan tahun 2019, ponsel 4G sudah harus ada yang di bawah Rp 1 juta. Rupanya kita tidak harus menunggu sampai 2019, sekarang pun di bawah Rp 1 juta ponsel 4G sudah ada," jelas Rudiantara saat Konferensi Pers Pencapaian Kinerja 4 Tahun Kominfo, di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Kamis (25/10/2018).



Pria yang kerap disapa Chief RA ini mengatakan bahwa saat ini di pasar sudah banyak ditemui ponsel dengan kisaran harga Rp 800-900 ribu.

Pencapaian ini sendiri sesuai dengan fokus awal Kemenkominfo untuk pemenuhan tiga ekosistem broadband yaitu network, device dan application. Pengadaan ponsel 4G terjangkau ini memenuhi ekosistem device, termasuk juga program Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Alhamdulilah harus ngotot-ngotot juga dengan produsen ponsel asing, alhamdulilah kita bisa tarik komitmen 30% komponen dalam negeri itu bisa hardware, software, atau investasi," ujarnya.

Untuk ekosistem network, Kemenkominfo juga berhasil mempercepat perluasan 4G yang saat ini sudah meliputi 73% wilayah di Indonesia.

Sedangkan untuk application, Rudiantara menyebut banyaknya aplikasi dari startup lokal yang membantu menggerakkan ekonomi digital dari berbagai sektor.



"Kemudian juga untuk aplikasi kesehatan, kita tahu ada yang namanya Halodoc. Berkaitan dengan aplikasi pertanian, ada Limakilo, ada TaniHub, banyak sekali," jelas Rudiantara.

"Jadi berkembang banyak sekali aplikasinya. Mengapa aplikasi berkembang cepat, karena network-nya, broadband-nya dikejar," sambungnya. (fyk/fyk)