Rabu, 17 Okt 2018 19:51 WIB

Ini Kiprah Chris Kanter Sebelum Jadi Dirut Indosat

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Budiwid/Indosat Foto: Budiwid/Indosat
Jakarta - Chris Kanter resmi ditunjuk sebagai Direktur Utama Indosat Ooredoo. Sebelum menduduki jabatan itu, ia sudah berkiprah di beragam bidang.

Pria kelahiran Manado ini adalah Ketua dan Pendiri Sigma Sembada Group, kontraktor alat berat terkemuka yang bergerak di bidang transportasi dan logistik. Dia pernah berperan sebagai Penasihat Senior Kementrian Perdagangan RI sejak tahun 2014 dan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia (1994-2015).

Saat ini Chris masih tergabung di Dewan Penasehat KADIN Indonesia dan Dewan Penasehat Asosiasi Pengusaha Indonesi (APINDO). Dia juga tercatat sebagai Wakil Presiden Komisaris PT Bank BNP Paribas Indonesia, Ketua Dewan Pendiri Swiss German University (SGU), Wakil Ketua International Federation of Freight Forwarders Associations (FIATA) di Asia Pacific, Ketua Dewan Pendiri Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI), Ketua Dewan Pendiri Indonesian
Services Dialogue (ISD), dan anggota Dewan Gubernur di East West Center, Amerika Serikat.
Sebelumnya, Chris merupakan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (1998-2002) dan Presiden Kamar Dagang Jerman-Indonesia (EKONID) (2007-2009). Dia pun ditunjuk pemerintah Indonesia menjadi Penasihat Ekonomi Presiden di Komite Ekonomi Nasional (KEN) (2009-2014) dan anggota Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) (2010-2-14).

Pria kelahiran 25 Juli 1952 ini juga pernah ditunjuk sebagai anggota Tim Monitoring untuk Instruksi Presiden (Inpres) mengenai Paket Kebijakan Peningkatan Iklim Investasi di Indonesia dan diangkat Pemerintah untuk memimpin sejumlah perhelatan penting di Indonesia seperti Pameran dan Konferensi Infrastruktur Indonesia I & II, Presidential Lectures yang menampilkan Bill Gates, Global Entrepreneurship Summit yang menampilkan Hillary Clinton, dan berbagai forum pemimpin internasional lain di Indonesia. Chris pun sering diundang sebagai pembicara di pertemuan internasional, konferensi, dan seminar tingkat tinggi di seluruh dunia.

Diberitakan sebelumnya, Chris Kanter kini sudah resmi menjadi menjadi bos Indosat menggantikan Joy Wahjudi yang mengundurkan diri akhir September lalu.

Pengangkatan Chris itu diumumkan dalam pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang dilaksanakan di kantor pusat Indosat Ooredoo, Rabu (17/11).
Selain mengumumkan Chris Kanter sebagai Direktur Utama, RUPSLB juga menyetujui pengangkatan Eyas Naif Assaf dan Arief Musta'in sebagai Direktur Perseroan. Selain itu RUPSLB menerima pengakhiran masa jabatan Joy Wahjudi, sebagai Direktur Utama Perseroan serta Caba Pinter dan Herfini Haryono, sebagai Direktur Perseroan.

Pada rapat ini Perseroan juga mengangkat Hilal Suleiman Malawi, Andrew Tor Oddvar Kvalseth, dan Ahmad Abdulaziz A A Al-Neama sebagai Komisaris Perseroan serta menerima pengakhiran masa jabatan Ajay Bahri, Damian Philip Chappell, dan Chris Kanter sebagai Komisaris Perseroan.

(afr/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed