Minggu, 14 Okt 2018 19:04 WIB

Telkom Iringi Pertemuan IMF-WB dengan Aplikasi PalapaOne

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Momen peluncuran aplikasi PalapaOne yang bisa digunakan sepanjang pertemuan IMF-WB di Bali. Foto: Dok. Telkom Indonesia Momen peluncuran aplikasi PalapaOne yang bisa digunakan sepanjang pertemuan IMF-WB di Bali. Foto: Dok. Telkom Indonesia
Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menyediakan aplikasi PalapaONE yang ditujukan guna mendukung kebutuhan informasi dari delegasi Pertemuan Tahunan "International Monetary Fund-World Bank" (IMF-WB) di Nusa Dua, Bali, 8-14 Oktober 2018. Akses terhadap berbagai informasi tentang Indonesia Pavilion jadi fungsi utama.

Senior Vice President Portofolio dan Synergy PT Telkom Indonesia, Pramasaleh Hario Utomo, mengatakan, Indonesia Pavilion memiliki produk kerajinan, objek wisata, dan sebagainya. Koleksi tersebut dipamerkan di kawasan pertemuan yang dihadiri 34.000 peserta dari 189 negara itu.


"Kami memperkenalkan PalapaONE untuk mendukung penuh kegiatan Indonesia Pavilion IMF-WB 2018, sehingga delegasi dari berbagai negara dapat memiliki pengalaman menjelajah Indonesia melalui Indonesia Pavilion yang memamerkan keindahan Indonesia secara digital melalui aplikasi mobile PalapaOne," katanya dalam keterangan pers.

Ia menjelaskan PalapaOne dapat diunduh melalui Google Play Store maupun App Store atau lewat website www.palapaone.id. Terdapat informasi tentang rundown, publish foto, scan produk, maupun reminder susunan acara di "Indonesia Pavilion" di dalamnya

Hal tersebut diharapkan tidak hanya memudahkan peserta pertemuan saja. Para wartawan pun bisa terbantu dalam menelusuri apa saja terkait paviliun itu.

"PalapaONE adalah aplikasi yang dikembangkan oleh PT Telekomunikasi Indonesia sebagai bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang memberikan kemudahan dalam penyelenggaraan event secara digital, termasuk kegiatan Indonesia Pavilion di kawasan Pertemuan IMF-WB di Nusa Dua, Bali," katanya.

Selain memudahkan penyelenggara kegiatan dalam mengelola kegiatan secara cepat, ringkas, dan efisien (digital), katanya, PalapaOne juga dapat menjadi media promosi dan publikasi acara bagi partisipan dan non-partisipan di seluruh Indonesia dan internasional. Jadi tak terbatas kegiatan di Bali ini saja.

"Partisipan dapat melihat jadwal acara, denah lokasi acara, panitia, lokasi booth, akses langsung ke Indonesia Travel, berbagai berita tentang acara, produk-produk yang ada pada acara mulai dari handycraft sampai investment opportunities, serta partisipan dapat meng-upload foto-foto ketika berada di acara yang akan masuk ke dalam fitur gallery PalapaOne," ujarnya.

Bagi panitia atau non-partisipan, mereka dapat melakukan "updating" dan "management information" terkait berita, event, jadwal, pembicara, dan lokasi tempat acara. Caranya dengan memberikan website event, mobile apps event, mobile apps scanner presence, dan dashboard.

"Website event akan membuat peserta dapat mencari tahu informasi acara (tema, tempat, tanggal) dan juga melakukan bisnis lewat aplikasi PalapaOne yang terhubung langsung dengan KatalogBUMN dan Blanjacom. Untuk mobile apps event dapat diunduh dan diinstall di gadget Android maupun IOS dengan fitur yang menampilkan Jadwal, Lokasi, dan reminder untuk menghadiri acara," tuturnya.


Khusus Indonesia Pavilion juga dapat mengakses segala informasi. Termasuk di dalamnya adalah denah acara, scan barcode pada produk-produk yang ada di Indonesia Pavilion untuk mendapatkan informasi, dan berhubungan langsung dengan BUMN terkait, juga peluang untuk berinvestasi.

Aplikasi pengelolaan acara secara digital itu dikembangkan Telkom Indonesia sejak 2013 dan digunakan oleh Telkom Group sebagai aplikasi standar untuk acara internal perusahaan. Telkom Indonesia mulai menggunakannya untuk keperluan eksternal sejak 2017 dengan mengubah namanya menjadi PalapaONE. (mon/mon)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed