Kominfo: Coverage Operator di Sulteng Sudah Pulih 49%

Kominfo: Coverage Operator di Sulteng Sudah Pulih 49%

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 01 Okt 2018 19:02 WIB
Foto: Dampak gempa di Tondo (topik/detikcom)
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengatakan terkait kondisi terkini pemulihan jaringan telekomunikasi pasca-bencana gempa bumi di wilayah Sulawesi Tengah, disebutkan bahwa coverage tiga operator seluler yang beroperasi yakni Telkomsel, Indosat dan XL sudah dapat berfungsi 49%.

Menurut Ferdinandus Setu selaku Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo RI, jumlah keseluruhan BTS yg sudah berfungsi pasca-bencana mencapai 1.728 BTS di seluruh wilayah Sulawesi Tengah. Ini mencakup layanan 2G, 3G dan 4G.

Saat ini ketiga operator seluler tersebut terus berupa melakukan recovery terhadap BTS yg masih down atau terganggu, antara lain dengan menyediakan mobile back power sembari menunggu pasokan listrik dari PLN.



Selain itu, ketiga operator seluler tersebut juga menambah personil di lapangan dengan mengirimkan tim tambahan dari daerah sekitar Sulwaesi Tengah seperti dari Makassar; Palopo, dan Poso untuk mempercepat proses recovery BTS.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, sebanyak 31 unit telepon satelit yg disediakan oleh BAKTI Kementerian Kominfo sudah didistribusikan ke posko-posko. Pendistribusian telepon satelit ini bekerja sama dengan Danrem setempat.

Pengiriman telepon satelit tahap kedua sedang berlangsung. Sebanyak 50 telepon satelit yang pernah digunakan untuk sarana komunikasi penanganan gempa Lombok direlokasi untuk kebutuhan penanganan gempa Sulawesi Tengah.

Kementerian Kominfo pagi tadi juga melakukan pemasangan 2 (dua) perangkat internet satelit berupa VSAT BAKTI-Lintasarta di: Posko Utama Korem Tadulako & Posko Media Bakti Kominfo Rujab Gubernur Siranindi.



Ketiga operator telekomunikasi juga memberi sejumlah kemudahan berkomunikasi bagi warga di Palu dan Donggala yang terdampak gempa. Telkomsel, misalnya memberikan telepon gratis 50 menit dan 200 SMS ke semua operator. Hal yang sama dilakukan XL Axiata. Ini sebagai bentuk dukungan sektor telekomunikasi untuk proses pemulihan pasca-bencana gempa bumi di Sulawesi Tengah.

Terkait adanya beberapa berita/informasi hoax seputar Gempa Sulawesi Tengah, Kementerian Kominfo meminta masyarakat Palu, Donggala dan daerah terdampak gempa di Sulawesi Tengah untuk tetap tenang dan waspada, jangan terprovokasi oleh info-info yang tidak valid yg sumbernya tidak dapat dipertanggungjawabkan. (fyk/krs)