Gempa Donggala, Kominfo Kirim Telepon Satelit

Gempa Donggala, Kominfo Kirim Telepon Satelit

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 28 Sep 2018 19:29 WIB
Kominfo akan mengirim telepon satelit ke daerah terdampak gempa Donggala (Foto: Korban gempa Donggala, Dok BPBD)
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan tindakan cepat terkait penanganan gempa Donggala yang berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR).

Seperti disampaikan Plt Kabiro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara telah memerintahkan untuk mengirimkan telepon satelit ke Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng). Telepon satelit tersebut rencananya akan didistribusikan Sabtu (29/9/2018) besok.




Pengiriman satelit tersebut dimaksudkan untuk mengatasi kemungkinan adanya masalah gangguan dalam akses telekomunikasi akibat gempa Donggala.

Disampaikan Ferdinandus, Menkominfo menekankan aspek kecepatan. Dengan telepon satelit tersebut diharapkan para petugas bisa berkoordinasi secara cepat untuk proses pemulihan.

"Menteri Kominfo sudah perintahkan BAKTI untuk kirim telepon Satelit. Malam ini Tim BAKTI bergerak menuju Palu untuk menyampaikan 30 telepon satelit," ujar pria yang disapa Nando ini kepada detikINET, Jumat (28/9).

Saat gempa 7,7 SR melanda Donggala sore tadi, BMKG sempat mengeluarkan peringatan mengenai munculnya potensi gelombang tsunami di wilayah tersebut walaupun peringatan itu dicabut tak lama kemudian. Sejauh ini dikabarkan ada 1 korban meninggal akibat dari gempa yang melanda wilayah Donggala.




Tonton juga video: Jaringan Komunikasi Donggala Putus, Kominfo Kirim Telepon Satelit

[Gambas:Video 20detik]

(agt/krs)