Senin, 20 Agu 2018 19:57 WIB

Telkomsel dan XL Sudah Jajal 5G, Indosat dkk Kapan?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Telkomsel Boyong 5G Experience Center ke Asian Games Foto: Telkomsel Boyong 5G Experience Center ke Asian Games
Jakarta - Bertempat di Kota Tua, Jakarta, XL menggelar uji coba teknologi 5G. Sebelumnya, Telkomsel juga sudah melakukan hal serupa. Akankah ada operator lain yang uji coba 5G lagi?

Saat dikonfirmasi kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengatakan bahwa pihaknya belum menerima permintaan untuk minta izin seperti yang dilakukan oleh Telkomsel dan XL sebelumnya.

"Belum ada," ujar Menkomifo saat dijumpai usai acara uji coba XL di Kota Tua, Jakarta, Senin (20/8/2018).


Kendati begitu, Rudiantara mengapresiasi apa yang dilakukan oleh XL dalam uji cobanya kali ini. Sebab, tak hanya menjajal jaringan generasi kelima, operator yang identik warna biru ini juga mengadopsi Wireless Gigabit (WiGig).

"WiGig ini sebetulnya model baru. Tapi, karena digabung dengan XL, XL yang minta, ya kita kasih saja. WiGig bukan operator seluler, itu Facebook," jelasnya.

Pada kesempatan ini, uji coba 5G dan WiGig tersebut untuk mendukung sistem Smartcity di DKI Jakarta, seperti mencakup penerapan 5G pada pengelolaan sampah, pengelolaan taman, peliharaan kebersihan sungai, serta WiGig untuk kamera surveillance (CCTV) dan layanan Internet kecepatan tinggi melalui WiFi yang juga langsung bisa dinikmati secara gratis oleh pengunjung di sekitar area demo.

Secara umum, uji coba penerapan teknologi 5G ini menggunakan frekuensi khusus, yaitu 28 GHz. Sementara itu, untuk WiGig menggunakan frekuensi 60 GHz.


Sementara itu, Telkomsel melakukan uji coba 5G untuk menyemarakkan Asian Games 2018, di mana dengan menghadirkan Telkomsel 5G Experience Center yang bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Di Telkomsel 5G Experience Center, teknologi revolusioner melalui berbagai perangkat yang didukung 5G seperti Live Streaming, Football 2020, Future Driving, Cycling Everywhere, dan Autonomous Bus dapat dijajal langsung masyarakat. (jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed