Senin, 20 Agu 2018 14:45 WIB

Teknologi di Balik 'Bus Hantu' yang Keliling GBK Saat Asian Games

Rachmatunnisa - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Mobil otonom berupa bus tanpa sopir terlihat berkeliling Gelora Bung Karno (GBK) sejak digelarnya Asian Games. Seperti apa sih teknologi di balik 'bus hantu' tersebut?

Seperti kita ketahui, setelah menjadi yang pertama menghadirkan teknologi 3G dan 4G bagi masyarakat Indonesia, Telkomsel kembali menjadi yang pertama kali menghadirkan pengalaman 5G di Indonesia.

Sebagai 'Official Mobile Partner' Asian Games 2018, Telkomsel memberikan pengalaman eksklusif teknologi 5G kepada Indonesia, salah satunya dengan menghadirkan sensasi pengalaman berkendara tanpa pengemudi dalam Autonomous Electric Vehicle.



Vice President Technology & system Telkomsel Indra Mardiatna menyebutkan, kendaraan otonom atau kendaraan tanpa pengemudi ini merupakan sebuah contoh dari kecanggihan teknologi LIDAR (Light Detection and Ranging), AI (Artificial Intelligent) dan tentunya teknologi 5G untuk mewujudkan Indonesia 4.0.

"Dengan menghadirkannya di perhelatan Asian Games 2018 sebagai bagian dari Telkomsel 5G Experience Center, Telkomsel memastikan kesiapan armada ini dapat memenuhi animo masyarakat, terutama mereka yang menonton pertandingan di area Gelora Bung Karno," ujarnya.

Dengan teknologi 5G Telkomsel, kendaraan otonom yang digadang-gadang akan mewujudkan konsep smart city nantinya, membutuhkan jaringan dengan latensi rendah sebesar 1 millisecond, serta kecepatan transfer data sebesar 20 Gbps agar dapat melakukan komunikasi dengan kendaraan lainnya, menghubungkan infrastruktur dengan perangkat serta memastikan mobilitas tanpa hambatan.

"Ini merupakan bagian dari konsep Vehicle-to-x yaitu sistem transportasi cerdas yang dapat mengatur lalu lintas, memastikan perjalanan menjadi aman di masa depan," ujarnya.



Masyarakat pun dapat merasakan kecanggihan pengalaman tanpa pengemudi, selama 15 menit yang beroperasi di jalurnya di depan Telkomsel 5G Experience Center, seputaran Gelora Bung Karno.

"Kami memastikan kendaraan otonom dengan teknologi AI dan 5G Telkomsel ini mampu memfasilitasi animo dan antusias masyarakat, tanpa mengganggu jalannya jalur pertandingan dan kebutuhan para atlet serta masyarakat," tutup Indra. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed