Rabu, 15 Agu 2018 19:13 WIB

Menkominfo Tak Menyangka Indonesia Uji Coba 5G

Adi Fida Rahman - detikInet
Menkominfo Rudiantara. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet Menkominfo Rudiantara. Foto: Adi Fida Rahman/detikinet
Jakarta - Dua operator seluler Tanah Air mulai melakukan ujicoba jaringan 5G. Menanggapi hal itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengaku hampir tidak menyangka.

Bukan tanpa sebab reaksi pria yang kerap disapa Chief RA ini sampai seperti itu. Dia mengatakan, beberapa tahun lalu tidak ada bayangan jika Indonesia juga bisa menguji coba jaringan seluler generasi kelima lebih cepat dari perkiraannya.

"Tidak pernah menyangka. Dulu sudah senang mau ujicoba 4,5G. Sekarang ada showcase 5G," ujarnya saat meresmikan Telkomsel 5G Experience Center berlokasi di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (15/8/2018).



Menurutnya lagi, ujicoba yang dilakukan saat perhelatan Asian Games 2018 sangat tepat. Hal ini bisa memberikan citra positif pada kontingen.

"Adanya 5G dan WiFi gratis yang kencang di area Asian Games akan meninggalkan kesan di kepala kontingen bahwa Indonesia tidak kalah soal teknologi," kata Rudiantara.

Seperti diketahui, Telkomsel melakukan ujicoba 5G di kawasan GBK selama perhelatan Asian Games. Mereka membuka Telkomsel 5G Experience Center yang akan dibuka sejak 18 Agustus hingga 2 September 2018.



Di Telkomsel 5G Experience Center, masyarakat bisa melihat aplikasi penggunaan 5G seperti Live Streaming, Cycling Everywhere, Football 2022 dan Beat the Robot. Yang paling menarik, mereka bisa menjajal langsung mobil bus tanpa pengemudi.

Operator lain yang juga akan mengujicoba 5G adalah XL Axiata. Mereka bakal melakukan ujicoba di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. (afr/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed