BERITA TERBARU
Rabu, 08 Agu 2018 14:27 WIB

Laporan dari Orlando

Satelit Merah Putih Masih Membubung Tak Terbendung

Fino Yurio Kristo - detikInet
Roket Falcon 9 meluncur membawa satelit Merah Putih ke angkasa. Foto: detiKINET/Iswahyudi Roket Falcon 9 meluncur membawa satelit Merah Putih ke angkasa. Foto: detiKINET/Iswahyudi
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih
Jakarta - Setelah sukses melesat bersama roket Falcon 9 besutan SpaceX, saat ini satelit Merah Putih berada dalam kendali SSL selaku pembuatnya. Perjalanan cukup panjang kepunyaan Telkom itu pun masih terbilang lancar.

Satelit satelit Merah Putih pun diharapkan terus membubung tanpa kendala sampai ke orbitnya di 108 derajat bujur timur. Namun, segala risiko masih dapat terjadi.


"Risiko tetap ada sampai nanti dinyatakan serah terima dengan Telkom, apakah semua mulus 100% atau ada bagian misalnya bahan bakarnya berkurang. Tapi kalau melihat tadi ya seharusnya tidak ada isu," kata Hendra Gunawan, Koordinator Proyek Satelit Merah Putih.

Peluncuran satelit Merah Putih bisa dibilang berjalan mulus. Semua timing waktu yang ditetapkan untuk hal-hal krusial berhasil dilalui dengan baik.

"Jadi setelah separasi satelit di menit ke 32 atau pisah dengan peluncur, 15 menit kemudian kita sudah dapat laporan dari SpaceX bahwa orbitnya sesuai dengan target," papar Hendra.

"Lalu yang kedua kita juga mendapatkan informasi dari SSL sebagai pembuat satelit bahwa satelitnya sudah bisa diterima sinyalnya dari bumi dan sudah bisa dikendalikan," tambah dia.

Dari peluncuran, butuh waktu 11 hari lagi bagi satelit Merah Putih untuk menuju orbit, jadi kurang lebih tiba pada 18 Agustus.


Setelah menempati slot orbit 108 derajat Bujur Timur, satelit yang berbobot 5,8 ton ini menjalani serangkaian pengujian, apakah sudah berfungsi dengan benar atau kondisinya bagus atau tidak.

Dibutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk bisa beroperasi. Sekitar 15 September nanti, akan ada serah terima dari manufaktur satelit yaitu SSL atau Space System Loral. Jika semuanya berjalan sesuai dengan rencana, pada 16 September mendatang Telkom sudah bisa mengoperasikannya.

Tonton video Satelit Merah Putih, Kado Telkom untuk Indonesia:

[Gambas:Video 20detik]

(mon/asj)
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan

    'Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan'

    Senin, 20 Agu 2018 08:34 WIB
    Wawancara emosional Elon Musk dengan New York Times cukup mengejutkan. Analis pun menilai investor bisa saja menginginkan sang Iron Man mundur.
  • Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Senin, 20 Agu 2018 07:47 WIB
    Pengguna Gmail di Android kini kebagian sebuah fitur baru yang membuat mereka bisa mengirim email dengan attachment secara aman dan rahasia.
  • photo Ini Hasil Jepretan Oppo F9 FotoINET

    Ini Hasil Jepretan Oppo F9

    Senin, 20 Agu 2018 07:00 WIB
    Salah satu keunggulan yang ditawarkan Oppo F9 adalah sektor kameranya. detikINET sempat menjajal kemampuan kamera ponsel ini, berikut hasilnya!
  • Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Minggu, 19 Agu 2018 21:44 WIB
    Seorang remaja asal Melbourne, Australia menghadapi tuntutan hukum setelah mengakses jaringan backend milik Apple selama beberapa kali dan mencuri data.
  • Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Minggu, 19 Agu 2018 21:13 WIB
    Martin Tripp, seorang mantan karyawan Tesla, memposting sejumlah foto yang ia klaim diambilnya dari dalam pabrik Tesla yang berada di Nevada, Amerika Serikat.