Rabu, 08 Agu 2018 11:21 WIB

Satelit Merah Putih Pakai Roket SpaceX Hemat Duit 40%

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih
Jakarta - SpaceX yang dipimpin oleh Elon Musk menerapkan terobosan baru dengan merancang roket yang bisa digunakan kembali usai peluncuran. Dampak tersebut ikut dirasakan oleh Telkom saat meluncurkan satelit Merah Putih di Cape Canaveral, Amerika Serikat.

"Relatif pembuatannya lebih murah, terutama peluncurannya. Untuk peluncuran memang kita bisa hemat 60% karena teknologi yang reusable yang tadi balik lagi (roket SpaceX). Ini teknologi luar biasa, ini buat kita sebagai menguntungkan sebagai pengguna," ujar Direktur Human Capital Management Telkom Herdy R. Harman di gedung Telkom Landmark Tower, Jakarta.

Sementara terkait total investasi, mulai dari pembuatan, peluncuran, hingga asuransi dari satelit Merah Putih itu menelan biaya USD 166 juta atau Rp 2,39 triliun (kurs USD 1 = Rp 14.443)


Sementara, bila dibandingkan dengan satelit Telkom 3S, perusahaan plat merah ini harus merogoh kocek sebesar USD 215 juta atau setara dengan Rp 3,1 triliun. "Ya, itu kalau secara total 40% lebih hemat," ucapnya.

Saat ini, pukul 1.18 waktu Amerika Serikat atau 12.18 WIB, satelit Merah Putih akhirnya melesat ke luar angkasa. Satelit anyar Telkom ini akan menempati slot orbit 108 derajat Bujur Timur, tepatnya berada di atas selat Karimata.

Rikcy Kusnandar, Manajer Proyek Satelit Merah Putih mengatakan terhitung sejak hari ini sampai 11 hari ke depan, satelit Merah Putih akan melalui proses menuju slot orbit 108 derajat Bujur Timur.


Setelah menempati slot orbit 108 derajat Bujur Timur, kemudian satelit yang berbobot 5,8 ton ini dilakukan serangkaian pengujian, apakah wahana tersebut sudah berfungsi dengan benar atau kondisi bagus atau tidak.

"Dibutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk bisa beroperasi. Kira-kira 15 September akan handover dari manufaktur satelit, Space System Loral. Kita harapkan kalau semuanya berjalan sesuai dengan direncanakan, tanggal 16 September kita bisa jalankan," ungkapnya.


Kenapa Satelit Merah Putih Diluncurkan Malam Hari? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


Satelit Merah Putih Pakai Roket SpaceX Hemat Duit 40%
(jsn/rou)
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed