Selasa, 07 Agu 2018 22:28 WIB

Satelit Merah Putih Ditargetkan Beroperasi 16 September

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih
Jakarta - Kendati telah sukses meluncur ke angkasa, satelit Merah Putih kepunyaan Telkom belum langsung beroperasi. Satelit tersebut harus menempati orbit yang ditentukan dan melewati pengujian hingga 28 hari.

Rikcy Kusnandar, Manajer Proyek Satelit Merah Putih mengatakan sejak hari ini sampai 11 hari ke depan, satelit Merah Putih akan melalui proses menuju slot orbit 108 derajat Bujur Timur berada tepat di atas selat Karimata.

"Dari pelepasan hari ini butuh 11 hari lagi bagi satelit untuk menuju orbital, kurang lebih 18 Agustus. Kita doakan bisa sampai di hari kemerdekaan atau sehari setelah kemerdekaan," ujarnya ditemui di gedung Telkom Landmark Tower, Jakarta, Selasa (7/8/2018).


Setelah menempati slot orbit 108 derajat Bujur Timur, kemudian satelit yang berbobot 5,8 ton ini dilakukan serangkaian pengujian, apakah wahana tersebut sudah berfungsi dengan benar atau kondisi bagus atau tidak.

"Dibutuhkan waktu sekitar 28 hari untuk bisa beroperasi. Kira-kira 15 September akan handover dari manufaktur satelit, Space System Loral. Kita harapkan kalau semuanya berjalan sesuai dengan direncanakan, tanggal 16 September kita bisa jalankan," ungkapnya.

Saat ini, pukul 1.18 waktu Amerika Serikat atau 12.18 WIB, satelit Merah Putih akhirnya melesat ke luar angkasa. Satelit anyar Telkom ini akan menempati slot orbit 108 derajat Bujur Timur.

Satelit Merah Putih yang berbobot 5,8 ton, diterbangkan oleh roket Falcon 9 setinggi 70 meter dan beratnya 580 ton. Roket ini terdiri dari 3 komponen, yaitu step 1, step 2, dan fairing yang ditempatkan utuh dalam satu kesatuan bersama satelitnya.

Dalam waktu sekitar 2 menit setelah lepas landas, roket bagian 1 dari Falcon 9 lepas sehingga penerbangan kemudian dilanjutkan roket kedua. Secara paralel dalam 8 menit, roket 1 itu akan kembali ke Bumi untuk digunakan dalam peluncuran satelit oleh klien SpaceX yang lain. (asj/asj)
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed