Selasa, 07 Agu 2018 13:17 WIB

Detik-detik Satelit Merah Putih Melesat ke Angkasa

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Roket SpaceX pembawa satelit Merah Putih lepas landas. Foto: YouTube/SpaceX Roket SpaceX pembawa satelit Merah Putih lepas landas. Foto: YouTube/SpaceX
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih
Jakarta - Cape Canaveral, Florida, jadi saksi bisu keberhasilan Falcon 9 dalam lepas landas dan membawa satelit Merah Putih milik Telkom ke orbit Bumi. Hal ini pun turut mendapat perhatian khusus dari SpaceX, selaku pemilik roket tersebut.

Melalui akun Twitter miliknya, mereka memberikan update mengenai peluncuran satelit Merah Putih. Salah satunya ketika roket Falcon 9 milik perusahaan antariksa besutan Elon Musk tersebut melesat ke angkasa pukul 01.18 waktu Amerika Serikat atau 12.18 WIB.

Hal serupa juga tampak dari layanan live streaming yang disediakan SpaceX melalui YouTube dan situs resminya. Sejak 15 menit sebelum peluncuran roket, tayangan ini sudah bisa ditonton oleh semua orang di seluruh dunia. Keberhasilan meluncurnya Falcon 9 itu pun diikuti dengan suara sorak sorai ruang kendali.

Detik-detik awal peluncuran roket Falcon 9.Detik-detik awal peluncuran roket Falcon 9. Foto: YouTube/SpaceX

Kemudian, akun Twitter @SpaceX itu juga mengabarkan pelepasan fairing, atau pelindung bagian atas roket. Beberapa menit setelahnya, pendorong roket tersebut berhasil mendarat di droneship bernama Of Course I Still Love You.

Penerbangan dari Bumi ini barulah tahap pertama. Kurang dari satu jam lagi sudah dapat diketahui apakah peluncuran satelit Merah Putih sukses atau sebaliknya. Tentu semua berharap yang kedua menjadi kenyataan.



Tonton juga 'Nobar Detik-detik Peluncuran Satelit Merah Putih Telkom':

[Gambas:Video 20detik]











(mon/rou)
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed