Harap-harap Cemas Menanti Penerbangan Satelit Merah Putih

Laporan dari Orlando

Harap-harap Cemas Menanti Penerbangan Satelit Merah Putih

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 07 Agu 2018 12:14 WIB
Foto: Iswayudi/detikcom
Orlando - Peluncuran satelit memang tidak bisa dijamin sepenuhnya berjalan mulus. Termasuk satelit Merah Putih yang dalam hitungan jam bakal mengangkasa dari Cape Canaveral, Florida.

Pada pukul 1.18 dini hari tanggal 7 Agustus waktu Amerika Serikat, satelit Merah Putih bakal terbang dalam gendongan roket Falcon 9. Semua aspek tentu sudah diperiksa oleh SpaceX untuk memastikan penerbangan berjalan lancar.

SpaceX telah melakukan launch readiness review, untuk memastikan segala hal sudah siap. Dan mereka pun sudah yakin karena saat ini, roket sudah berdiri tegak di landasan, tinggal menunggu peluncuran.

Jika peluncuran sesuai jadwal dan satelit bersama roket telah mengangkasa, belum langsung bisa dipastikan peluncuran berjalan sukses.

"Dalam waktu sekitar 32 menit, bisa diketahui sukses atau tidaknya peluncuran," kata Zulhelfi Abidin, Direktur Network & IT Solution Telkom kepada media Indonesia di Orlando, Amerika Serikat.

Situasi saat ini terpantau cerah di mana SpaceX menyebutkan bahwa cuaca 80% mendukung peluncuran satelit Merah Putih. Telkom pun sebelumnya telah meminta doa pada masyarakat Indonesia agar peluncuran menuju orbit 108 bujur timur berjalan sukses.

"Seiring dengan peluncuran Satelit Merah Putih yang kian mendekati waktunya, kami mohon doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia agar peluncuran dapat berjalan lancar hingga Satelit Merah Putih beroperasi di slot orbitnya di atas wilayah Indonesia," sebut Arif Prabowo, Vice President Corporate Communication Telkom belum lama ini.

Saat ini, jajaran petinggi Telkom dan media asal Indonesia telah berada di lokasi peluncuran. Semoga beruntung, satelit Merah Putih.





Tonton juga 'Hore! Satelit Merah Putih Siap Diluncurkan':

[Gambas:Video 20detik]



Harap-harap Cemas Menanti Penerbangan Satelit Merah Putih
(rns/rou)