Peluncuran Satelit Merah Putih Didukung Cuaca Cerah

Laporan dari Orlando

Peluncuran Satelit Merah Putih Didukung Cuaca Cerah

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 07 Agu 2018 10:32 WIB
Foto: Fino Yurio Kristo/detikINET
Orlando - Beberapa jam lagi, satelit Merah Putih milik Telkom bakal menembus antariksa dengan menunggang roket Falcon 9 besutan SpaceX. Syukurlah, cuaca ternyata sejauh ini sangat mendukung.

"Cuaca 80% menguntungkan untuk peluncuran dalam rentang 2 jam," demikian pengumuman yang disampaikan SpaceX di akun Twitter resminya.

Prakiraan cuaca itu berasal dari pemantauan U.S. Air Force 45th Weather Squadron. Dikatakan pula bahwa awan cumulus dan anvil kemungkinan muncul.



Saat ini, roket Falcon 9 bersama satelit Merah Putih telah berdiri tegak di landasan Space Launch Complex 40.

Jika tidak ada aral melintang, satelit Merah Putih buatan perusahaan SSL ini akan diterbangkan pada 7 Agustus pukul 1.18 dini hari waktu Amerika Serikat atau malam ini. Itu berarti, sekitar jam 12 siang tanggal 7 Agustus untuk waktu Indonesia bagian barat.

Media Indonesia berkesempatan melakukan pengamatan langsung satelit Merah Putih sebelum diterbangkan. Tampak pula para wartawan lokal antusias ikut melakukan peliputan maupun menjepret foto.



Satelit Merah Putih diterbangkan menuju orbit di 108 bujur timur. Jika semuanya berjalan lancar, Telkom akan mengoperasikannya di minggu ketiga September.




Tonton juga 'Hore! Satelit Merah Putih Siap Diluncurkan':

[Gambas:Video 20detik]




Peluncuran Satelit Merah Putih Didukung Cuaca Cerah
(rns/rns)