BERITA TERBARU
Selasa, 07 Agu 2018 08:21 WIB

BTS Terdampak Gempa Lombok Berangsur Pulih

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sempat mencatat ada 945 Base Transceiver Station (BTS) terdampak gempa Lombok. Kini dilaporkan kondisi sebagian BTS tersebut mulai berangsur pulih.

"Hingga Senin (06/08/2018) malam site 2G, 3G dan 4G yang masih terdampak sudah berkurang menjadi 8,3% dari sebelumnya 12,7%. Hal itu terjadi seiring dengan aktifnya kembali jaringan listrik PLN di kawasan kota," ungkap Plt Kabiro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza dalam pernyataan tertulisnya.

BTS Terdampak Gempa Lombok Berangsur PulihFoto: Kominfo




Noor mengungkap sejumlah petugas lapangan mengalami kendala untuk menyediakan akses ke daerah yang masih terisolasi karena ketersediaan bahan bakar minyak yang terbatas. Karena itu pemakaian genset diutamakan untuk daerah yang vital dan simpul yang bisa mengcover jaringan di daerah lain.

Para operator telekomunikasi juga mengupayakan penambahan genset dari luar Lombok untuk ditempatkan di lokasi prioritas di posko pengungsian dan layanan kesehatan. Sementara repeater RAPI dan ORARI dilaporkan telah berfungsi dan dapat mendukung komunikasi penanganan bencana oleh petugas di lapangan.

"Repeater ditempatkan di Bali Timur, Karangasem (Bali), Tembenuh (Lombok Timur), dan Bayan. Repeater ini mengoneksikan jaringan radio di Bali dan Lombok," kata Noor.

BTS Terdampak Gempa Lombok Berangsur PulihFoto: Kominfo




Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) Kominfo sudah memasang VSAT untuk di Posko Kantor Bupati Lombok Utara untuk mendukung penanganan bencana. Sementara empat VSAT yang akan ditempatkan di Posko Desa Pemenang, Dusun Mentareng, Media Center Kantor Gubernus dan Posko RSUD Mataram.

"Saat ini sedang dalam proses mobilisasi dan persiapan pemasangan," pungkas Noor.




Tonton juga 'Kondisi Mengenaskan Dekat Pusat Gempa Lombok':

[Gambas:Video 20detik]



BTS Terdampak Gempa Lombok Berangsur Pulih
(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan

    'Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan'

    Senin, 20 Agu 2018 08:34 WIB
    Wawancara emosional Elon Musk dengan New York Times cukup mengejutkan. Analis pun menilai investor bisa saja menginginkan sang Iron Man mundur.
  • Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Senin, 20 Agu 2018 07:47 WIB
    Pengguna Gmail di Android kini kebagian sebuah fitur baru yang membuat mereka bisa mengirim email dengan attachment secara aman dan rahasia.
  • photo Ini Hasil Jepretan Oppo F9 FotoINET

    Ini Hasil Jepretan Oppo F9

    Senin, 20 Agu 2018 07:00 WIB
    Salah satu keunggulan yang ditawarkan Oppo F9 adalah sektor kameranya. detikINET sempat menjajal kemampuan kamera ponsel ini, berikut hasilnya!
  • Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Minggu, 19 Agu 2018 21:44 WIB
    Seorang remaja asal Melbourne, Australia menghadapi tuntutan hukum setelah mengakses jaringan backend milik Apple selama beberapa kali dan mencuri data.
  • Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Minggu, 19 Agu 2018 21:13 WIB
    Martin Tripp, seorang mantan karyawan Tesla, memposting sejumlah foto yang ia klaim diambilnya dari dalam pabrik Tesla yang berada di Nevada, Amerika Serikat.