BERITA TERBARU
Senin, 06 Agu 2018 07:59 WIB

Aliran Listrik ke BTS di Lokasi Gempa Lombok Berangsur Normal

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus melakukan pemantauan kondisi akses telekomunikasi di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), usai gempa berkekuatan 7 Skala Richter (SR) mengguncang daerah tersebut.

Kominfo berikut Tim Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Wilayah NTB di Mataram, telah melakukan koordinasi dengan ORARI dan RAPI daerah NTB untuk terus mendukung sarana komunikasi.

"Alternatif komunikasi sangat penting sebagai kesiagaan penyaluran informasi," kata Plt Kabiro Humas Kementerian Kominfo Noor Iza dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/8/2018).



Lanjut dikatakannya, saat ini terus dilakukan pemantauan kondisi sarana prasarana atau fasilitas telekomunukasi, khususnya BTS-BTS di lokasi gempa, mengingat arus listrik padam di wilayah terdampak.

"Posisi Minggu malam dini hari kemarin, aliran listrik mulai berangsur hidup kembali, sehingga tim dari operator telekomunikasi segera melakukan penanganan BTS-BTS dan fasilitas telekomunikasi termasuk repeater dan jaringan penyokong lainnya," ungkap Noor.

Sementara itu di sisi lain, BAKTI-Kominfo juga telah menyediakan telepon satelit dan VSAT portable di posko-posko strategis untuk koordinasi (TNI, pengungsian).

Untuk mendukung pemulihan dari bencana gempa sebelumnya, BAKTI-Kominfo telah menempatkan 4 VSAT portable.

"Sebagian dari VSAT juga mengalami gangguan akibat bencara gempa sore tadi. Saat ini sedang dalam pemulihan," ucap Noor.



BAKTI-Kominfo akan melalukan penambahan VSAT portabel, dimana hal itu untuk akses Internet agar dapat mendukung lebih luas terhadap daya dukung komunikasi di lokasi bencana

"Sebagai tambahan, BTS-BTS USO yang merupakan penyediaan akses telekomunikasi di wilayah 3T (terdepan, terluar dan tertinggal), dari hasil pantauan lapangan semua pada kondisi on (hidup)," pungkas Noor.




Tonton juga 'Update! 82 Orang Tewas, Ratusan Luka-luka Akibat Gempa NTB':

[Gambas:Video 20detik]


Aliran Listrik ke BTS di Lokasi Gempa Lombok Berangsur Normal
(agt/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan

    'Elon Musk Sebaiknya Dilengserkan'

    Senin, 20 Agu 2018 08:34 WIB
    Wawancara emosional Elon Musk dengan New York Times cukup mengejutkan. Analis pun menilai investor bisa saja menginginkan sang Iron Man mundur.
  • Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Gmail Android Bisa Kirim Email Rahasia

    Senin, 20 Agu 2018 07:47 WIB
    Pengguna Gmail di Android kini kebagian sebuah fitur baru yang membuat mereka bisa mengirim email dengan attachment secara aman dan rahasia.
  • photo Ini Hasil Jepretan Oppo F9 FotoINET

    Ini Hasil Jepretan Oppo F9

    Senin, 20 Agu 2018 07:00 WIB
    Salah satu keunggulan yang ditawarkan Oppo F9 adalah sektor kameranya. detikINET sempat menjajal kemampuan kamera ponsel ini, berikut hasilnya!
  • Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Remaja Curi Data 90 GB dari Server Apple

    Minggu, 19 Agu 2018 21:44 WIB
    Seorang remaja asal Melbourne, Australia menghadapi tuntutan hukum setelah mengakses jaringan backend milik Apple selama beberapa kali dan mencuri data.
  • Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Mantan Karyawan Ungkap Sisi Lain Tesla

    Minggu, 19 Agu 2018 21:13 WIB
    Martin Tripp, seorang mantan karyawan Tesla, memposting sejumlah foto yang ia klaim diambilnya dari dalam pabrik Tesla yang berada di Nevada, Amerika Serikat.