Senin, 06 Agu 2018 05:59 WIB

Gempa Lombok, Telekomunikasi Terganggu Listrik Padam

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Mindra Purnomo Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Operator Hutchison 3 Indonesia (H3I) atau Tri mengungkapkan sebagian base transceiver station (BTS) di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengalami gangguan, usai gempa 7 Skala Richter mengguncang daerah tersebut.

"Sebagian BTS Tri sempat mengalami gangguan pascagempa Lombok, karena pasokan listrik, namun demikian tidak ada gangguan konstruksi," ujar DGM Corporate Communications PT Hutchison 3 Indonesia Arum K. Prasodjo dalam pernyataannya, Minggu (5/8/2018).



Pascagempa hingga saat ini, tim technical Tri terus meningkatkan pasokan genset dan baterai.

"Sebagian BTS Tri sudah up seiring dengan kembalinya pasokan listrik dari PLN dan sebagian lagi kami re-route ke BTS lain, sehingga sinyal Tri sampai saat ini tetap tersedia," ungkap Arum.

Disampaikannya juga, pihaknya terus melakukan pemantauan dan pemulihan layanan telekomunikasi Tri. Hal ini dilakukan agar dapat dimanfaatkan untuk membantu proses penanggulangan bencana.

"Kami prihatin dengan bencana alam yang melanda Lombok, semoga dapat segera pulih," ucapnya.



Diketahui, titik gempa berpusat di Lombok Utara, NTB. Gempa terasa hingga ke Lombok Timur. Gempa terjadi pada pukul 18.46 WIB tadi.

Lokasi gempa Lombok berada di titik 8.37 LS dan 116.48 BT. Gempa terjadi pada kedalaman 15 km. Sempat disebutkan gempa berpotensi tsunami. (agt/afr)