Senin, 23 Jul 2018 17:55 WIB

Elon Musk Jadi Saksi Peluncuran Satelit Merah Putih?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Elon Musk. Foto: REUTERS/Mario Anzuoni/File Photo Elon Musk. Foto: REUTERS/Mario Anzuoni/File Photo
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih
Jakarta - Satelit Merah Putih milik Telkom rencananya diterbangkan pada awal Agustus 2018 oleh roket Falcon 9 besutan SpaceX. Ada kemungkinan Elon Musk selaku CEO dan pendiri SpaceX bakal menghadiri peluncuran satelit tersebut.

"Petingginya SpaceX biasanya hadir, kalau bukan Elon Musk ya presidennya," sebut Hendra Gunawan, Hendra Gunawan, Koordinator Proyek Satelit Merah Putih di Telkom Tower baru-baru ini.

Elon Musk memang kadang menyaksikan langsung peluncuran satelit yang menggunakan jasa perusahaannya. Jadi bukan tidak mungkin sang Iron Man hadir melihat penerbangan satelit Merah Putih.

SpaceX terkenal karena menjadi pionir dalam teknologi penggunaan roket berulang kali. Begitu satelit telah diluncurkan ke angkasa, roket SpaceX secara otomatis bakal kembali ke Bumi untuk digunakan lagi sehingga bisa menghemat biaya. Roket itu akan ditangkap oleh kapal berjuluk drone ship.



Jika tidak ada aral melintang, jadwal peluncuran Satelit Merah Putih adalah pada tanggal 4 Agustus di Cape Canaveral, Flordia. Kemudian tiba di slot orbit 108 derajat bujur timur pada 15 Agustus 2018. Satelit ini nantinya akan menggantikan Telkom 1 yang masa aktifnya masih bertahan sampai 2022.

Satelit tersebut akan memiliki kapasitas dan cakupan Standard C-Band sebanyak 24 transponder (Asia Tenggara), Standard C-Band 24 transponder (Asia Selatan), dan Extended C-Band 12 transponder (Asia Tenggara). Total kapasitas yang diusung sebanyak 60 transponder.

Adapun berat totalnya 5,8 ton di mana 3,8 ton di antaranya adalah bahan bakar. Ia dirancang untuk beroperasi di angkasa selama 16 tahun. (fyk/rou)
FOKUS BERITA Satelit Merah Putih

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed