Senin, 23 Jul 2018 09:15 WIB

Menkominfo Sebut Telkomsel Gelar 5G di Asian Games

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Getty Images Ilustrasi. Foto: Getty Images
Jakarta - Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang segera digelar. Ajang tersebut tak ingin disia-siakan, salah satunya dengan unjuk gigi jaringan 5G.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebutkan, sudah ada satu operator yang menyatakan kesiapannya untuk menggelar jaringan generasi kelima tersebut.

"Itu ada Telkomsel yang jadi penyelenggaranya di Asian Games," ujar Rudiantara.



Jaringan tersebut akan digelar bukan secara komersil, namun untuk uji coba. Kabarnya, bentuk pengujian 5G di Asian Games kali ini berupa tes mobil otonom hingga siaran pertandingan lewat teknologi 5G.

"Uji coba ini fokus masalah teknis sebagai ekosistem 5G karena 5G itu bukan hanya frekuensi saja, tapi mulai dari perangkat dari sisi user itu harus semua lengkap. Tujuan untuk melakukan itu," tutur pria yang disapa Chief RA ini.

Menkominfo juga mengungkapkan ada satu operator seluler yang turut menguji 5G, yaitu XL Axiata. Baik Telkomsel dan XL, akan menguji 5G di waktu yang bersamaan yakni Agustus nanti.

"Sudah ada yang minta izin tapi bukan untuk Asian Games, itu XL yang kerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta pada Agustus nanti," kata Rudiantara.



Saat dikonfirmasi kepada Telkomsel yang disebut Rudiantara sebagai penyelenggara uji coba 5G di Asian Games 2018, pihak operator seluler tersebut belum mau berkomentar.

"Ditunggu saja dalam waktu dekat ya," kata Telkomsel. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed