Kamis, 21 Jun 2018 19:10 WIB

Pelanggan Indosat Acuhkan Telepon dan SMS Saat Lebaran

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Agus Tri Haryanto/inet Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Indosat Ooredoo turut mencatatkan lonjakan trafik layanan data saat perayaan Lebaran kemarin. Bila dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, maka trafik data meningkat 73,03% atau sebesar 4.867,58 Terabyte/hari.

Sebelumnya, operator-operator lainnya juga melaporkan adanya lonjakan trafik layanan data pada Hari Raya Idul Fitri 1939H. Ini menunjukkan bahwa tren pengguna layanan internet ketika momen hari besar berlangsung terus diminati oleh masyarakat.

Jika lebih rinci, peningkatan trafik tertinggi penggunaan data terjadi pada H-3 Lebaran, sebesar 5.338,47 Terabyte/hari atau naik 49,70% dibandingkan trafik data reguler. Sementara, penggunaan data di Hari Raya Idul Fitri meningkat 73,03% atau sebesar 4.867,58 Terabyte/hari.



Berbeda dengan layanan data yang terus tumbuh, trafik layanan suara dan SMS cenderung menurun selama Lebaran kemarin. Bila dibandingkan hari biasa, trafik suara di Lebaran menurun sekitar sekitar 153,91 Juta menit atau turun sekitar 17,37% dan trafik SMS di hari Lebaran menurun menjadi sekitar 137,18 Juta SMS atau turun 15,11%.

Keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat Ooredoo lebih dari 94,83% dan 95,32% untuk tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS internal jaringan Indosat Ooredoo maupun antar operator walau terjadi kepadatan jalur pengiriman.

Meski mengalami lonjakan trafik data, Indosat Ooredoo mengklaim kalau pihaknya sukses menemani dan memenuhi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada pelanggan selama mudik, Hari Raya Idul Fitri, hingga libur Lebaran.



Indosat Ooredoo telah mengantisipasi kenaikan trafik dengan menaikkan kapasitas jaringan, melakukan pemantauan intensif kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC), pemantauan kualitas layanan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), serta mengaktifkan Command Center Lebaran yang beroperasi 24 jam.

"Performansi jaringan Indosat Ooredoo yang sukses dalam melayani kebutuhan telekomunikasi 96,2 juta pelanggan kami selama masa mudik dan libur Lebaran tahun ini merupakan wujud dari upaya yang dilakukan bersama lewat peningkatan kapasitas jaringan, pemantauan kualitas jaringan melalui INOC, pemantauan kualitas layanan melalui ISOC, serta mengaktifkan Command Center Lebaran," tutur Group Head Network Operations Indosat Ooredoo Umar Hadi dalam siaran persnya, Kamis (21/6/2018).

Pemantauan juga dilakukan oleh fasilitas ISOC yang memantau kualitas layanan aplikasi yang biasa digunakan pelanggan seperti Youtube, Instagram, Whatsapp, Facebook, Spotify, Iflix, dan lain sebagainya. Melalui fasilitas ini, Indosat Ooredoo memastikan bahwa tidak hanya kestablian jaringan namun juga kualitas dari masing-masing aplikasi berada dalam kondisi yang baik untuk mendukung aktivitas mudik dan Lebaran pelanggan.

(agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed