Selasa, 05 Jun 2018 16:04 WIB

Palapa Ring Tambah Kapal untuk Tarik Kabel Optik di Laut

Agus Tri Haryanto - detikInet
Suasana di kapal. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Suasana di kapal. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - PT Palapa Timur Telematika selaku pelaksana proyek Palapa Ring paket timur mengerahkan satu kapal tambahan untuk menggelar kabel serat optik bawah laut.

Dengan penambahan kapal penggelaran kabel serat optik ini, maka Palapa Ring Timur secara total menggunakan empat kapal untuk membangun infrastruktur tulang punggung akses internet di wilayah Indonesia timur.

Vice President PT Palapa Ring Timur Muharso, mengungkapkan penambahan kapal ini untuk mengejar target rampungnya proyek Palapa Ring paket timur pada September nanti.



"Ini sesuai target. Penambahan ini untuk mempercepat (penggelaran kabel serat optik bawah laut)," ujar Muharso di sela-sela kunjungan kapal Pacific Guardian di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (5/6/2018).

Kejar Target, 4 Kapal Gelar Internet di Indonesia TimurFoto: Agus Tri Haryanto/inet


Empat kapal yang dikerahkan yang dimaksud, yaitu Pacific Guardian, Nostag 10, Teliri, dan satu kapal lagi yang merupakan armada tambahan sedang dalam diskusi untuk mencapai kata sepakat.

Muharso menjelaskan kapal tambahan tersebut nantinya akan membantu penggelaran kabel serat optik bawah laut yang dikerjakan oleh Pacific Guardian.

Kejar Target, 4 Kapal Gelar Internet di Indonesia TimurFoto: Agus Tri Haryanto/inet


Palapa Ring paket timur sendiri sudah mencapai 50%, di mana Palapa Ring Timur telah menggelar kabel serat optik di daratan. Kini mereka tengah merampungkan sisanya dengan menggelar kbel serat optik di laut untuk menghubungkan 35 kota/kabupaten di Indonesia timur.

"Nanti penggelaran kabel lautnya dimulai dari Waingapu," tandasnya. (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed