Kamis, 31 Mei 2018 20:11 WIB

Biar Nggak Lemot, Pemerintah Cek Jaringan Jelang Lebaran

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Rifkianto Nugroho Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Seperti tradisi tiap tahun menjelan Lebaran, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melakukan pengecekan kesiapan jaringan layanan ke tiap operator seluler.

Pengecekan ini dilakukan agar layanan telekomunikasi tidak mengalami kepadatan atau jadi lemot saat trafik telekomunikasi cenderung meningkat memasuki Lebaran.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengungkapkan bahwa pengecekan kesiapan jaringan kepada para operator ini dilaksanakan dua minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri.

"Nanti dua minggu sebelum Lebaran. Jadi, awal Juni atau akhir pekan ini dilakukan tes, apakah jaringan ke daerah maupun titik keberangkatan seperti terminal, stasiun, bandara, hingga pelabuhan laut itu dites (telekomunikasinya) semua," tutur Rudiantara di sela-sela Buka Bersama, Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RudiantaraMenteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Disampaikannya, untuk Lebaran kali ini kalau para penyelenggara telekomunikasi akan lebih banyak menyiapkan infrastrukturnya, terutama terkait jaringan 4G yang sudah kian menyebar di berbagai daerah di Indonesia.

Meski belum menerima laporan dari operator soal kesiapan jaringan mereka, Menkominfo mengatakan pada momen ini ada penambahan volume dari peningkatan mobile BTS di setiap operatornya.

"Sekarang lagi update ke teman-teman operator. Saat ini belum menyampaikan laporan tapi lebih banyak karena kota yang sudah 4G bertambah di luar Jawa dan Jawa," kata Rudiantara.

"Apalagi setelah seperti Telkomsel menambah frekuensi di 2,3 GHz yang sudah beroperaso dan dihadapkan kapasitas nambah lagi, terutama di kota-kota besar," tambahnya.

Pria yang kerap disapa Chied RA ini belum bisa memastikan keamanan jaringan telekomunikasi, karena pengecekan belum dilakukan. Sehingga, ia enggan untuk berjanji sejauh ini.

"Jangan bilang aman sekaran, lagi dilakukan pengecekan, nggak boleh mendahului. Setelah itu, insya Allah lebih baik," ucapnya.

Tonton video Pemerintah Mulai Cek Jaringan Operator Jelang Lebaran:

[Gambas:Video 20detik]



(jsn/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed