BERITA TERBARU
Senin, 28 Mei 2018 14:02 WIB

Data Pribadi Christian Sugiono Diumbar, Telkom Minta Maaf

Agus Tri Haryanto - detikInet
Christian Sugiono dan sang istri Titi Kamal. Foto: Gus Mun/detikHOT Christian Sugiono dan sang istri Titi Kamal. Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta - Aktor Christian Sugiono meradang. Sebab data pribadinya yang terdaftar sebagai pelanggan layanan internet IndiHome bocor ke publik.

Persoalan tersebut bermula ketika ada akun Instagram dengan nama @alexsinaga18 memposting data pribadi milik Christian di Stories. Mendapatkan mention dari orang tersebut, suami Titi Kamal ini tidak senang karena data pribadi miliknya jadi konsumsi publik.

Kejadian ini pun dibeberkan oleh Christian melalui akun Twitter miliknya secara rinci. Menerima protes keras tersebut, pihak Telkom sebagai penyedia layanan IndiHome pun tak tinggal diam untuk menelusuri persoalan tersebut.

Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo, menuturkan permasalahan ini berawal dari kekhilafan petugas customer service yang merupakan karyawan mitra dari Telkom, di mana ia secara spontan memposting data pribadi milik Christian Sugiono dalam akun pribadi bersangkutan.

Postingan tersebut sebagai luapan kegembiraan dan kebanggaan dapat melayani pelanggan yang notabene adalah seorang seleb terkenal dan sekaligus sebagai idolanya.

"Sesungguhnya tidak ada maksud dari petugas tersebut untuk mendapatkan keuntungan pribadi ataupun untuk merugikan pihak lain saat memposting data pribadi tersebut. Namun murni spontan sebagai luapan kegembiraan yang membuatnya melupakan aturan, prosedur operasional serta kode etik perusahaan," kata Arif melalui keterangan tertulisnya, Senin (28/5/2018).

Menindaklanjuti kejadian tersebut, Telkom telah memberikan penjelasan dan permohonan maaf kepada Christian. Lalu, petugas yang bersangkutan telah menerima tindakan/sanksi sesuai prosedur yang berlaku. "Dalam hal ini yang bersangkutan telah menyesali perbuatannya yang berakibat pada ketidaknyamanan Sdr Christian Sugiono dan keluarga," ucapnya.

Dalam persoalan ini, Telkom mengucapkan terima kasih atas kesediaan Chritian menerima penjelasan dan mengkomunikasikan penyelesaian "insiden" tersebut melalui akun media sosialnya sehingga publik menjadi paham. BUMN ini juga mengucapkan terima kasih karena aktor film tersebut dan keluarganya telah menjadi bagian dari pelanggan dari IndiHome.

"Atas insiden Telkom sekali lagi menyampaikan permohonan maaf baik kepada Sdr Chritian Sugiono dan keluarga juga kepada masyarakat luas dan berkomitmen untuk tetap menjaga dan memastikan agar kejadian serupa tidak terulang kembali di masa depan," tutur Arif.

"Sebagai perusahaan publik dan BUMN yang patuh pada aturan yang berlaku, Telkom senantiasa berkomitmen menjaga kerahasiaan dan privacy seluruh pelanggan," kata Arif menambahkan.

Usai kejadian ini dan mendapatkan respon dari Telkom, Christian pun mengapresiasinya. Hal itu ia ungkapkan melalui cuitan terbaru di akun Twitter-nya.

[Gambas:Video 20detik]








(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed