BERITA TERBARU
Kamis, 10 Mei 2018 14:43 WIB

Jangkau Nasabah Lewat Ponsel, BTN Gandeng Telkomsel

Muhammad Aminudin - detikInet
Foto: Muhammad Aminudin/detikINET Foto: Muhammad Aminudin/detikINET
Jakarta - Telkomsel, melalui layanan keuangan digitalnya, yakni Tcash, mengembangkan kerja sama strategis dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Kerjasama ini menghadirkan layanan yang diklaim memudahkan nasabah mengakses layanan keuangan lebih mudah lewat ponsel.

Sebagai permulaan, Malang menjadi kota pertama pengembangan kemitraan strategis antara Tcash dan BTN Cermat. Layanan keuangan Tcash -BTN ini akan digunakan untuk layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif (Laku Pandai) Bank BTN.

Layanan ini disebut akan memudahkan masyarakat bertransaksi melalui uang elektronik Tcash dan rekening tabungan BTN Cermat.

"Kerja sama strategis antara Tcash, sebagai uang elektronik Telkomsel, dengan Bank BTN turut membantu kami merealisasikan visi perusahaan untuk menciptakan ekosistem digital yang terintegrasi," ujar Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah kepada wartawan disela peresmpian Tcash -BTN dan pasar rakyat di lapangan Asrikaton, Pakis, Kabupaten Malang, Kamis (10/5/2018).


"Tujuannya juga menghubungkan lebih banyak pelanggan di segmen mikro ke dalam layanan finansial dan mendukung keuangan inklusif. Hadirnya layanan ini dapat menjadi solusi bagi pelanggan segmen ini di pelosok Indonesia, dengan memanfaatkan jaringan luas uang elektronik Tcash dan layanan laku pandai BTN Cermat, untuk dapat menikmati layanan finansial secara lebih praktis dan aman," tambahnya.

Berdasarkan data dalam The Global Findex Database tahun 2017, terdapat lebih dari 100 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki akun bank. Tidak adanya dana yang memadai serta biaya yang tinggi untuk menjangkau kantor bank menjadi alasan utama masyarakat di segmen ini untuk tidak memiliki akun perbankan.

Foto: Muhammad Aminudin/detikINET

Karenanya, langkah Tcash dan BTN dalam menghadirkan akun ketersambungan dikatakan merupakan solusi tepat untuk memperluas dan memudahkan akses bagi masyarakat mikro dalam mendapatkan beragam layanan finansial.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Maryono, menambahkan pada tahap awal pihaknya membidik akan ada 10 ribu agen Laku Pandai dengan 200 ribu rekening tabungan melalui kemitraan ini.

Ke depannya, Bank BTN dan Tcash juga akan menghadirkan layanan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Mikro dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam genggaman bagi para nasabahnya.

"Kami terus berupaya memudahkan nasabah kami mengakses berbagai produk perbankan sehingga semakin banyak masyarakat Indonesia menjadi nasabah bank. Ke depannya, Bank BTN dan Tcash akan terus mengeksplorasi fitur-fitur menarik untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam bertransaksi," jelas Maryono terpisah.


Layanan KPR Mikro dan KUR ini akan memanfaatkan metode analisa dan pengolahan data (data analytics) untuk menentukan pelanggan yang tepat untuk mendapatkan dua produk Bank BTN tersebut.

Nantinya, dana KUR dan KPR Mikro yang telah disetujui dapat disalurkan melalui akun TCASH pelanggan yang telah terdaftar sebelumnya, dengan maksimal dana sebesar Rp10 Juta. Tak hanya itu, peminjam KUR dan KPR Mikro juga mendapat kemudahan pembayaran cicilan, baik melalui kode akses USSD, aplikasi Tcash , maupun agen Tcash di Indonesia.

Layanan keuangan Tcash dan BTN telah diperkenalkan pada akhir tahun lalu, dimana seluruh pelanggan baru maupun existing Tcash dan BTN Cermat dapat memiliki layanan ini, dengan melakukan registrasi di agen Bang Tcash dan BTN di seluruh Indonesia.

Untuk dapat menggunakan beragam fitur finansial dalam layanan ini, dapat dilakukan melalui kode menu *144*1# dari ponsel jenis apapun. Dengan akun ketersambungan ini, pelanggan dapat dengan mudah mengirimkan dana dari akun Tcash ke rekening tabungan BTN Cermat dan sebaliknya dengan mudah, pembelian pulsa dengan harga terbaik, melakukan pembayaran mobile, serta memiliki rekening tabungan dengan bunga bulanan tanpa dikenakan biaya administrasi dan saldo minimum.


Kerja sama strategis akun ketersambungan ini juga turut melengkapi layanan dan kegunaan menyeluruh yang dihadirkan bagi pelanggan Tcash , yang kini mencapai lebih dari 20 juta pelanggan di 34 provinsi, yang sejalan dengan komitmen perusahaan mendukung pencapaian target inklusi keuangan hingga 75 persen pada 2019, sesuai visi pemerintah.

Hadirnya layanan akun ketersambungan ini diharapkan dapat menjadi solusi kemudahan akses bagi pelanggan Tcash di pelosok Indonesia, khususnya bagi masyarakat di segmen mikro, untuk mendapatkan layanan finansial berkualitas dari BTN secara mudah melalui ponsel, kapanpun dan dimanapun.

"Ke depannya, Tcash dan BTN berkomitmen untuk terus mengembangkan beragam layanan lainnya di dalam akun ketersambungan ini, guna memudahkan akses bagi masyarakat untuk menikmati akses layanan finansial dalam rangka mensejahterakan kehidupan mereka. Kami juga berharap sinergi BUMN ini dapat berkontribusi dan mendukung perkembangan perekonomian Indonesia," tutup Ririek. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed