Kamis, 26 Apr 2018 22:21 WIB

Akses 4G Kencang Tri Bisa Dinikmati 3-6 Bulan Lagi

- detikInet
Foto: Grandyos Zafna/detikcom Foto: Grandyos Zafna/detikcom
Jakarta - Setelah mendapatkan tambahan frekuensi 5 MHz usai memenangkan lelang 2,1 GHz, operator seluler Hutchison 3 Indonesia (Tri) menjanjikan koneksi 4G yang lebih kencang. Hanya saja, hal itu belum bisa dirasakan dalam waktu dekat.

Wakil Direktur Hutchison 3 Indonesia (Tri) M Danny Buldansyah mengatakan adanya tambahan frekuensi mampu meningkatkan kapasitas dan kecepatan layanan 4G LTE hingga 50%. Pemanfaatan tambahan spektrum sendiri akan dilakukan awal Mei mendatang.

"Kami baru mengaktifkan 1 Mei mendatang. Pelanggan baru bisa merasakan manfaatnya sekitar 3-6 bulan setelahnya," kata Danny.


Di spektrum 2,1 GHz, Tri memiliki tiga blok. Satu blok dipakai untuk 4G, sisanya untuk koneksi 3G. Hal ini karena pelanggan 3G masih tinggi, mencapai 40%.

Akses 4G Kencang Tri Bisa Dinikmati 3-6 Bulan LagiWakil Direktur Hutchison 3 Indonesia (Tri) M Danny Buldansyah. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Selain 2,1 GHz, Tri memiliki lisensi di pita frekuensi 1,8 GHz sebanyak 10 MHz. Tri memanfaatkannya untuk menggelar layanan 4G.

Baik spektrum 1,8 GHz dan 2,1 GHz telah mengadopsi teknologi neutral sehingga penyedia layanan telekomunikasi selular dapat memanfaatkan untuk layanan 3G maupun 4G.


Saat ini trafik data Tri telah mencapai lebih dari 5.000 Terabyte per harinya, lebih dari 60% adalah trafik 4G. Untuk menghadirkan layanannya, Tri mengerahkan 21 ribu BTS di seluruh Indonesia. Sebanyak 16 ribu di antaranya merupakan BTS 4G. (rns/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed