Senin, 19 Mar 2018 18:36 WIB

Internet di Ponsel Kamu Lemot? Ini Penjelasan Kominfo

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi internetan di ponsel (Foto: GettyImages) Ilustrasi internetan di ponsel (Foto: GettyImages)
Jakarta - Sebagian pelanggan operator seluler mengeluhkan koneksi internet di ponsel mereka mengalami gangguan. Rata-rata mengaku koneksi data terasa lemot.

Salah satunya Hany, dia menyebut akses WhatsApp dan browsing di ponselnya sangat lamban sejak semalam. Disebutkannya hal ini juga dialami beberapa rekan sekantornya.

"Penataan frekuensi bikin sinyal lemot nih. Aku sama beberapa teman dapat SMS dari Kominfo," keluhnya kepada detikINET, Senin (19/3/2018).



Keluhan serupa juga meramaikan media sosial, salah satunya Twitter. Pelanggan melaporkan koneksi internet lambat ke masing-masing akun medsos call center masing-masing operator seluler.

















Menanggapi hal ini Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Noor Iza membenarkan bahwa pihaknya mengirimkan SMS blast yang menginformasikan adanya proses penataan frekuensi.

Internet Lemot, Kominfo: Sedang Penataan Frekuensi


"SMS Blast tersebut menjelaskan bahwa pada saat ini sedang dilaksanakan pergantian spektrum frekuensi atau di sebut refarming yaitu pada bandwith 2.1GHz. Ada beberapa slot yang saling dipertukarkan antar operator agar masing-masing operator nantinya bloknya dapat terkumpul jadi agar optimal," sebut Noor Iza.



Disebutkannya, masa pertukaran, mulai dari perencanaan sampai dengan selesai diperkirakan berlangsung selama tujuh hari, namun bisa juga jauh lebih singkat.

"Proses pertukaran yaitu switch dari kanal satu kanal lainnya dilakukan tengah malam yang aktivitas masyarakat sedang rendah sehingga diharapkan tidak ada gangguan yang berarti," tutupnya. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed