Sabtu, 17 Mar 2018 18:58 WIB

Menkominfo Resmikan Akses Internet di Titik Luar Sumbawa

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Muhammad Imron Rosyadi/detikINET Foto: Muhammad Imron Rosyadi/detikINET
Sumbawa - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara meresmikan akses internet langsung di Desa Uma Beringin, Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Sabtu (17/3/2018).

Ia menjelaskan bahwa hal ini merupakan salah satu fokus Kominfo dalam membangun daerah yang tidak dibangun oleh orang lain.

"Kalau operator kan mereka membangun di daerah yang memiliki potensi bisnis, walau bukan salah mereka karena bentuknya memang korporasi. Tapi Kominfo tidak," ujarnya.

Dalam memberikan akses internet pertama di daerah yang cukup jauh di pusat Kabupaten Sumbawa ini, pihak Kominfo bekerja sama dengan Bakti (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) dalam memetakan daerah yang perlu dibangun serta Lintasarta sebagai penyedia layanan sekaligus pembangun infrastruktur secara fisik.

Layanan internet langsung ini sudah diberikan oleh pihak Lintasarta sebelum acara peresmian, sebagaimana disebutkan oleh Arya Damar yang menjabat sebagai Presiden Direktur.

Peresmian internet di Desa Uma Beringin, NTB.Peresmian internet di Desa Uma Beringin, NTB. Foto: Muhammad Imron Rosyadi/detikINET

"Kami menyediakan akses internet ini di sekolah, balai desa, puskesmas, dan balai latihan kerja di daerah terluar," ujarnya.

"Dari hasil survei yang saya dapat, sudah ada ibu-ibu PKK yang kuliah online, mahasiswa yang aktif di KIM (Kelompok Informasi Masyarakat) ikut sertifikasi Microsoft, lalu simulasi Ujian Nasional berbasis komputer. Petani pun bisa melihat ilmu pertanian misalnya info obat pembasmi hama, lalu ada yang usaha menjual kopi di Instagram," tuturnya menambahkan.

Menurutnya, hal ini menjadi cerminan bahwa internet memungkinkan masyarakat untuk semakin produktif sekaligus lebih berdaya secara ekonomis.

Hal senada juga diucapkan oleh Wakil Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah. Menurutnya, masyarakat harus melek internet untum membuka peluang baru dalam memajukan berbagai bidang kebutuhan yang vital sekalugus meningkatkan produktivitas dan kreativitas.

Dalam mendukung hal tersebut, pada 15 Maret lalu Lintasarta sudah melakukan Pelatihan Internet Sehat di Kantor Desa Uma Beringin dengan peserta ibu-ibu PKK, anggota KIM, perangkat desa, serta guru dan anak sekolah. (mag/mag)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed