Rabu, 14 Mar 2018 12:09 WIB

Internet Mati Saat Nyepi?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Menkominfo Rudiantara- (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto) Menkominfo Rudiantara- (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
FOKUS BERITA Nyepi Tanpa Internet
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan operator seluler kabarnya telah mencapai kesepakatan terkait usulan untuk pemadaman layanan internet di Bali ketika Hari Raya Nyepi.

Menkominfo Rudiantara mengatakan, pengumuman hasil kesepakatan tersebut akan diumumkan siang ini. "Keputusannya nanti siang ya," ujar Rudiantara ditemui di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (14/3/2018).

"Nanti siang kita presscon jam 13.00 WIB," imbuh Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo dihubungi secara terpisah oleh detikINET.

Menkominfo melanjutkan, mengenai usulan dimatikannya layanan data di Bali ini harus menyertakan berbagai stakeholder terkait dalam pembahasannya, tidak bisa hanya dari satu pihak.

"Bali itu mempunyai karakteristik khusus karena sebagai tujuan wisata. Saya mengapresiasi, saya menghormati masukan dari pemuka-pemuka agama. Itu kan forum kerukunan umat beragama, jadi bukan hanya dari Hindu saja," tuturnya.

Rudiantara mengatakan untuk hal ini maka pendekatannya dari pemangku kepentingan di bidang budaya, agama, pariwisata, yang dihubungi Menkominfo satu-satu.

"Termasuk kepada Kementerian Agama, saya juga sudah bicara dengan Dirjen Bimas Hindu," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali menyerukan agar pada Hari Raya Suci Nyepi tahun ini tidak melakukan aktivitas di internet, di samping kegiatan lain yang sudah dilarang sebelumnya.

Seperti yang tertera pada poin keempat, operator seluler diminta untuk tidak menyediakan fasilitas internetan bagi pelanggan seluler. Hal itu demi menjaga kekhusyukan perayaan umat Hindu ini.

Operator seluler, dituliskan oleh Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali, agar mematikan layanan internet hari Sabtu, 17 Maret 2018 dari pukul 06.00 Wita s/d Minggu, 18 Maret 2018 pukul 06.00 Wita. (jsn/ash)
FOKUS BERITA Nyepi Tanpa Internet

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed