Jumat, 09 Mar 2018 19:49 WIB

2018, XL Agresi Internet Cepat ke Kecamatan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi: BTS XL (Foto: Rachman Haryanto/detikcom) Ilustrasi: BTS XL (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta - XL Axiata (XL) berambisi menjadi penyedia layanan telekomunikasi data terpilih di masa mendatang. Untuk mewujudkan impian itu, XL berencana menggelar layanan internet cepat masuk ke kecamatan di seluruh Indonesia.

"Perbedaan di 2017 ke 2018, bila sebelumnya kami bergerak di kota, maka sekarang lebih ke level kabupaten dan kecamatan sampai akhir tahun ini," ujar Direktur Independen XL Yessie D. Yosetya di Grha XL, Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Namun Yessie enggan membeberkan berapa target kabupaten dan kecamatan yang disasar oleh XL. Dia hanya menyebutkan, angkanya bisa lebih dari 360 kota dari yang sudah disasar oleh XL dengan layanan 4G.

"Harusnya lebih dari 360 kota tapi dari sisi kabupaten lebih dari 400 kabupaten dan kecamatan yang akan kami cover dengan layanan 4G. Di sana, kami akan lakukan investasi," ucap Yessie.



Keputusan ini, kata Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini, tak terlepas dari banyaknya pemain yang menyediakan layanan 4G di Pulau Jawa. Setidaknya, ada lima pemain besa yang bersaing di area tersebut.

"Sedangkan untuk di luar Jawa kan yang dominan cuma satu," sebutnya.

Selain itu, XL juga mengincar pembangunan jaringan melalui dana Universal Service Obligation (USO) guna menyediakan layanan telekomunikasi di daerah pelosok.



"Kami telah berpartisipasi untuk menggelar dengan dana USO di daerah tertinggal, di mana kami telah menyelesaikan 40 site yang diberikan pemerintah. Mengantisipasi proyek besar lainnya, kami akan ikut berpartisipasi lagi," kata Yessie. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed