Rabu, 07 Mar 2018 19:15 WIB

Majelis Agama Saran Nyepi Tanpa Internet, Ini Kata Menkominfo

Agus Tri Haryanto - detikInet
Menkominfo Rudiantara ikut angkat bicara soal Nyepi tanpa Internet.  Foto: Ari Saputra/detikINET Menkominfo Rudiantara ikut angkat bicara soal Nyepi tanpa Internet. Foto: Ari Saputra/detikINET
FOKUS BERITA Nyepi Tanpa Internet
Jakarta - Suasana Hari Raya Nyepi pada tahun ini akan semakin hening ditambah pelarangan untuk melakukan aktivitas di internet. Hal itu diserukan oleh Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2018.

Dalam surat edaran, provider penyedia jasa seluler diminta untuk mematikan data seluler (internet) dari hari Sabtu, 17 Maret 2018 pukul 06.00 WITA sampai dengan Minggu, 18 Maret 2018 pukul 06.00 WITA.

Terkait hal tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan sudah mendengarkannya. Untuk saat ini, pihaknya belum mengambil keputusan apapun karena perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dengan Kementerian Agama.

"Barusan saya sudah komunikasi dengan Mas Lukman (Hakim Saifuddin), Menteri Agama. Kami akan berkonsultasi dengan Dirjen Bimas Hindu," ucapnya ketika ditemui di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Majelis Agama Saran Nyepi Tanpa Internet, Ini Kata MenkominfoIsi Lengkap Usulan Hari Raya Nyepi Tanpa Internetan. Foto: Dok. Kemenkominfo


Rudiantara mengatakan di Bali masih ada yang membutuhkan jaringan internet, seperti perhotelan. Namun di lain pihak, budaya daerah setempat juga harus dihormati.

Untuk itu, sebelum mengambil keputusan terkait usulan yang disampaikan oleh Agama dan Keagamaan Provinsi Bali, pria yang disapa Chief RA ini akan terus berkonsultasi dengan pihak-pihak bersangkutan.

"Tentunya kita harus bijak menyikapi isu ini dengan melibatkan para pemangku kepentingan karena Bali juga mempunyai kekhasan, baik dari segi agama, budaya, ketokohan masyarakat, pariwisata, dan lain sebagainya," ungkap dia. (fyk/rou)
FOKUS BERITA Nyepi Tanpa Internet

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed