Kamis, 04 Jan 2018 20:39 WIB

Internetan di Ponsel Saat Tahun Baru Sedot Data Gila-gilaan

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Pengguna seluler terus mengonsumsi layanan data untuk kebutuhan internet. Tren tersebut terus melonjak, khususnya pada perayaan Natal dan Tahun Baru kemarin.

Berdasarkan laporan dari Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri), tercatat bahwa para pelanggannya banyak mengakses layanan data, khususnya mengakses konten video dan media sosial pada momen tersebut.

Misalnya, pada trafik layanan data Telkomsel mencapai 10,7 petabyte atau naik 42% bila dibandingkan hari normal yang rata-rata payload sebesar 7,5 petabyte per hari. Sementara dibandingkan periode serupa pada tahun lalu, trafik layanan data kali ini melonjak 151%.

"Tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang mengunggah foto atau video aktivitas momen sebelum dan setelah pergantian tahun melalui berbagai aplikasi media sosial," ujar VP Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati.

Untuk trafik layanan SMS dan telepon, Telkomsel menemukan adanya penurunan. Dibandingkan dengan trafik pada hari normal, trafik layanan suara menurun 6% menjadi 1,3 miliar menit, begitu juga trafik layanan SMS yang menurun 5% menjadi 659 juta SMS.

Kondisi serupa dialami XL. Selama lima hari dari 28 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018, trafik data melonjak dan mengalami puncaknya pada 1 Januari 2018 yang mencapai 20% dari hari biasanya. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, kenaikannya sampai 160%.

Pemicunya, pelanggan XL banyak mengakses video di YouTube pada Natal dan Tahun Baru hingga naik 15 kali lipat dari biasanya. Pelanggan mengisi aktivitas dengan mengakses beragam media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Line, dan YouTube juga dilakukan pelanggan XL.

Secara rata-rata, akses ke media sosial berbagai platform tersebut naik sebesar 15%, di mana di puncak malam tahun baru kenaikannya mencapai sekitar 60%. Akses ke aplikasi WhatsApp menjadi yang paling tinggi kenaikannya, mencapai 70%, bahkan di malam tahun baru naik sampai dengan 1.000% dibandingkan malam biasanya.

Sementara itu, Indosat Ooredoo yang hanya melapor kondisi trafik pada perayaan Natal, mencatat trafik data untuk penggunaan media sosial dan pengiriman pesan lewa aplikasi chatting, banyak dilakukan pelanggannya. Trafik data nasional meningkat menjadi 3.917,46 TeraBytes atau naik 14,24% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.

Trafik voice secara nasional mengalami penurunan menjadi sekitar 235,51 juta menit, atau turun sekitar 18,4% dibandingkan dengan trafik voice reguler hari biasa. Situasi juga pada trafik SMS pun menurun menjadi sekitar 194 juta SMS, atau turun 26,39% dibandingkan trafik SMS reguler hari biasa dengan tingkat keberhasilan pengiriman SMS mencapai sekitar 97,5%.

Sedangkan Tri melaporkan pihaknya berhasil melayani trafik data yang melonjak hampir 150% pada Natal dan Tahun Baru dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Lonjakan trafik ini didominasi aktivitas media sosial, games, aplikasi video dan messenger atau chat yang digunakan pelanggan Tri.

Lonjakan trafik terjadi mulai H-3 di Hari Raya Natal dan Tahun Baru sekaligus sebagai lonjakan tertinggi (di H-3 pada perayaan tersebut), yaitu 9,5% pada Hari Natal dan melonjak 9,7% di perayaan Tahun Baru jika dibandingkan dengan trafik hari biasa. Trafik data Tri di hari biasa rata-rata mencapai 4.200 Tb/hari. (agt/rou)
Foto: ilustrasi/thinkstock
Foto: detikINET/Adi Fida Rahman

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed