Kamis, 14 Des 2017 19:32 WIB

Malam Tahun Baru, 13 Lokasi Wisata Ini Calon Diserbu

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET Foto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET
Jakarta - Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2018, Telkomsel mencatat ada 709 titik keramaian yang akan diserbu. Khususnya yang perlu diwaspadai 13 lokasi wisata berikut.

Untuk menjamin kenyamanan pelanggan menggunakan layanan komunikasi, terutama pada malam pergantian tahun, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan di 709 titik.

709 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, antara lain seperti mal dan pusat perbelanjaan, obyek wisata, alun-alun, bandara, terminal, stasiun, serta pelabuhan.

Dari seluruh titik tersebut, 13 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan, seperti disampaikan Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan di gedung TSO, Jakarta, Kamis (14/12/2017), adalah sebagai berikut:

1. Merdeka Walk (Medan)
2. Jam Gadang (Padang)
3. Benteng Kuto Besak (Palembang)
4. Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta)
5. Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang)
6. Botani Square (Bogor)
7. Pangandaran (Ciamis)
8. Alun-alun (Yogyakarta)
9. Tanjung Kodok (Lamongan)
10. Pantai Kuta (Bali)
11. Lapangan Merdeka (Balikpapan)
12. Manado Town Square (Manado)
13. Lapangan Merdeka (Ambon)

"Titik-titik ini akan mulai ramai sejak pukul 9-10 malam. Biasanya trafik akan naik 30% hingga 40% selama empat jam. Tren ini bisa dilihat dari trafik kami dari tahun-tahun sebelumnya. Mereka biasanya potret-potretan lalu upload ke media sosial," jelas Bob.

Bob menambahkan, Telkomsel juga mengoptimalkan jaringan 4G dan 3G di 14 pusat perbelanjaan yang diperkirakan mengalami kenaikan penggunaan layanan data pada periode Natal dan Tahun Baru, yakni:

Malam Tahun Baru, 13 Lokasi Wisata Ini Calon DiserbuFoto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET

Medan Fair, Mall Pekanbaru, Bundaran Kelapa Gading Jakarta, Depok Town Square, Mall Living World Alam Sutera, Mall Istana Plaza Paskal Bandung, Mall Ciputra Semarang, Malang Town Square, Lippo Mall Kupang, Duta Mall Banjarmasin, Trans Studio Mall Makassar, dan Maluku City Mall Ambon.

Lonjakan Trafik

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan oleh Bob akan meningkat 35% dibandingkan hari biasa.

Umumnya, pada periode ini layanan data digunakan pelanggan untuk menyaksikan video dan mendengarkan musik secara streaming, bermain online games, maupun berinteraksi di aplikasi pesan instan dan media sosial.

Malam Tahun Baru, 13 Lokasi Wisata Ini Calon DiserbuFoto: Achmad Rouzni Noor II/detikINET


Selain layanan data, trafik layanan SMS juga diprediksi mengalami kenaikan lebih dari 12% pada periode ini. Berbanding terbalik dengan layanan data dan SMS, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar 2% dibandingkan hari normal.

Secara keseluruhan, untuk melayani kebutuhan komunikasi pelanggan pada momen Natal dan Tahun Baru ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 159.000 BTS di seluruh Indonesia hingga penjuru Nusantara.

"Lebih dari 28.000 eNode B untuk BTS 4G di lebih dari 480 kota dan kabupaten juga kami siagakan untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data," tandas Bob. (rou/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed