BERITA TERBARU
Selasa, 12 Des 2017 11:42 WIB

Palapa Ring Paket Barat Rampung Februari 2018

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Palapa Ring yang merupakan proyek nasional pembangunan infrastruktur telekomunikasi serat optik, terus diupayakan pemerintah guna menjangkau area rural atau pedesaan yang belum tercicipi oleh layanan internet cepat. Tahun 2018, salah satu paket proyek tersebut bisa dioperasikan.

Seperti diketahui, Palapa Ring dibagi menjadi tiga paket, yaitu paket barat, paket tengah, dan paket timur. Ketiga paket tersebut ditargetkan dapat menjangkau 440 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

"Palapa Ring paket barat harusnya selesai konstruksi Februari 2018, setelah itu dioperasikan," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Ritz Carlton, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta.

Untuk pembangunan Proyek Palapa Ring paket barat sendiri terdapat beberapa tahapan (milestone) dalam pelaksanaannya, mulai dari proses akuisisi lahan, pekerjaan civil, mechanical dan electrical Network Operation Center (NOC) dan Beach Man Hole (BMH), penggelaran kabel serat optik darat, penggelaran kabel serat optik laut, instalasi perangkat aktif, dan Network Management System.

Untuk paket tengah dan paket timur sendiri, Menkominfo sedang mengupayakan segera dioperasikan. Mengingat Palapa Ring secara keseluruhan harus bisa dimanfaatkan pada 2019 nanti.

Pemerintah mengetahui daerah terpencil dan perbatasan jarang disasar oleh para operator telekomunikasi untuk menghadirkan layanan internet cepat karena dianggap tidak menguntungkan secara bisnis. Maka, pemerintah menginisiasi Palapa Ring yang nantinya bisa dimanfaatkan operator untuk menyediakan layanan internet cepat.

"Kita (pemerintah) bangun backhaul-nya, nanti operator yang menyelenggarakannya. Tapi nggak gratis, nanti disangka manjain, tapi itu diskon lah pokoknya," kata Rudiantara. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed