Senin, 11 Des 2017 19:01 WIB

Upaya XL agar Koneksi Internet Tak Bergantung Singapura

Agus Tri Haryanto - detikInet
CEO XL Dian Siswarini. Foto: Agus Tri Haryanto/inet CEO XL Dian Siswarini. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Bergabung ke dalam konsorsium bernama Australia Singapore Cable, XL Axiata (XL) mengukuhkan diri agar jaringannya untuk layanan internet tidak selalu bergantung ke Singapura.

Seperti diketahui, akses internet Indonesia ke jaringan global sering melalui Singapura dulu. Kini, melalui pembangungan Sistem Kabel Laut (SKKL) Australia-Indonesia-Singapore, rute ke internet global dapat dicapai melalui Australia.

"Ini akan menjadi alternatif akses internet global karena melalui Australia sehingga mengurangi ketergantungan kita terhadap Singapura, di mana itu jalur utama Indonesia ke trafik global," ujar Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini di Ballroom Ritz Carlton, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Senin (11/12/2017).

Selain itu, pembangunan SKKL tersebut dapat berdampak biaya akses internasional melalui rute selatan Indonesia dan Australia menuju Amerika yang saat ini masih dikatakan terbatas.

"Pembangunan ini juga dapat bermanfaat untuk tujuan kita bersama, meningkatkan produktivitas kita dalam mndukung ekonomi broadband Indonesia," sebut Dia.

Keikutsertaan XL dalam konsorium itu juga untuk menunjang kebutuhan pelanggannya sudah banyak beralih menggunakan layanan internet. Maka tak heran, sekitar 70% dari anggaran belanja perusahaan dialokasikan untuk membangun infrastruktur jaringan.

Setidaknya kabel laut yang dikerjakan oleh Alcatel Submarine Network (ASN) akan membentangkan kabel sepanjang 4,600 km. Proyek yang diiventasikan sebesar USD 170 juta ini kondisinya sekarang masih berjalan dan siap untuk beroperasi pada kuartal ketiga tahun 2018.

Sementara itu, XL terus memperlua cakupan akses internet ke masyarakat melalui layanan 3G dan 4G. Sejauh ini, ada 340 kota yang terlayani dengan 4G milik XL dan 3G sudah tersebar di 400 kota/kabupaten seluruh Indonesia. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed