Selasa, 05 Des 2017 19:02 WIB

Pelanggan Tcash Paling Doyan Beli Pulsa

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
dok. Telkomsel dok. Telkomsel
Jakarta - Kesuksesan performa bisnis Tcash dalam setahun terakhir terlihat dari kian beragamnya layanan transaksi sesuai kebutuhan pelanggan sehari-hari.

Layanan uang elektronik milik Telkomsel ini sepertinya memang tak main-main dalam menetapkan use case utamanya. Mereka bahkan tidak sungkan untuk berkiblat pada dua pemain besar di sektor teknologi industri asal China.

"Kami sudah melakukan benchmark dengan Alipay dan WeChat Pay. Kami beranggapan bahwa semua orang harus mengetahui berbagai layanan kami," kata Chief Executive Officer Tcash Danu Wicaksana saat dijumpai di kantor T-Cash, Selasa (5/12/2017).

Selain itu, mereka juga bercermin pada kesuksesan Paytm, mobile payment asal India yang kini telah mencapai 100 juta pelanggan. Layanan paling digenjot mereka dari awal adalah pembayaran tagihan, salah satunya pulsa.

Pelanggan Tcash Paling Doyan Beli Pulsa CEO Tcash Danu Wicaksana (Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET)


Jadi, tidak mengherankan kalau pembelian pulsa telepon seluler merupakan layanan yang paling banyak dilakukan para user T-cash, selain pembayaran tagihan lain seperti token listrik, asuransi, hingga layanan televisi berbayar.

Data Tcash menyebutkan, layanan lain yang paling sering digunakan oleh pelangannya adalah online payment serta offline merchant payment.

Untuk layanan yang disebutkan terakhir, penyedia jasa uang elektronik ini memiliki fitur Tcash Sticker Tap dan Snap QR Code yang bisa digunakan bertransaksi di lebih dari 50 ribu merchants yang telah berkolaborasi, baik di sektor kuliner maupun non F&B (food and beverages).

Sistem pengisian saldo pun dipermudah dengan tersedianya 60 ribu titik layanan di seluruh Indonesia yang meliputi jaringan ATM Bersama, GraPARI, Mobile GraPARI, ritel, serta berbagai outlet pulsa Telkomsel.

Danu mengatakan, layanan lain seperti pengiriman uang melalui fitur P2P (peer to peer) dan transportasi akan tumbuh pesat di beberapa tahun mendatang.

Di sektor pengiriman uang (remittance), tahun ini Tcash telah menginisiasi layanan international remittance untuk memudahkan pengiriman uang dengan biaya lebih murah dibandingkan dengan opsi yang ada saat ini.

"Tcash kini sudah hadir di Singapura melalui kerja sama yang dijalin dengan Singtel, perusahaan telekomunikasi asal negara tersebut, untuk memberikan kemudahan bagi TKI dan TKW yang ingin mengirim uang ke Tanah Air," ujarnya.

Untuk urusan transportasi, uang elektronik yang beroperasi sejak 2015 ini sudah memberikan layanan pembayaran untuk kereta Bandara Kualanamu dan Soekarno-Hatta, serta BRT Trans Semarang.

Ke depannya, mereka juga akan menambah layanannya melalui kerja sama dengan Blue Bird untuk menghadirkan metode pembayaran Tcash di aplikasi My Blue Bird. (rns/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed