Sabtu, 02 Des 2017 09:24 WIB

Aplikasi Smart City dan 4G Jadi Kado HUT Lebak ke-189

Achmad Rouzni Noor II - detikInet
Foto: dok. Telkomsel Foto: dok. Telkomsel
Jakarta - Merayakan hari jadi Kabupaten Lebak ke-189 tahun yang jatuh pada 2 Desember 2017, Telkomsel memberikan kado aplikasi publik berbasis Smart City dan peningkatan kapasitas jaringan 4G.

Aplikas yang dinamakan SILAMAT (Sistem Informasi Kelahiran dan Kematian) ini diluncurkan Telkomsel Area Jabotabek Jabar bersama Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya.

Aplikasi Smart City dan 4G Jadi Kado HUT Lebak ke-189Foto: dok. Telkomsel


Menurut Executive Vice President Area Jabotabek Jabar Telkomsel Ririn Widaryani, aplikasi publik berfungsi sebagai sistem pendaftaran adminitrasi data kelahiran dan kematian berbasis aplikasi online yang dibangun oleh Telkomsel.

"Nantinya sumber informasi yang terkumpul akan dimanfaatkan oleh jajaran Pemkab Lebak untuk mengefisienkan jalur birokrasi pendataan laporan kelahiran dan kematian warga Kabupaten Lebak," ujarnya usai peluncuran di Lebak, Banten, Sabtu (2/12/2017).

Aplikasi Smart City dan 4G Jadi Kado HUT Lebak ke-189Foto: dok. Telkomsel


Aplikasi SILAMAT ini nantinya juga akan terhubung secara langsung dengan pusat data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebak.

Melalui pemanfaatan layanan aplikasi ini, masyarakat Kabupaten Lebak akan diberi kemudahan untuk mendaftarkan informasi kelahiran dan kematian keluarga dan kerabat secara online dan mobile.

Setelah mendaftar online melalui SILAMAT, masyarakat cukup membawa bukti hasil pendaftaran online dan kelengkapan berkas administrasi asli ke Dinas Duckcapil Kabupaten Lebak untuk verifikasi lanjutan.

Aplikasi Smart City dan 4G Jadi Kado HUT Lebak ke-189Foto: dok. Telkomsel


"Kini, aplikasi SILAMAT sudah dapat diunduh secara gratis melalui smartphone dengan OS Android di Google PlayStore," lanjut Ririn.

Telkomsel sendiri, menurutnya, secara konsisten terus mengembangkan fasilitas jaringan di wilayah Kabupaten Lebak, terutama di sejumlah titik populasi masyarakat yang memiliki pengembangan potensi kearifan lokal.

Hingga akhir kuartal tiga lalu, pertumbuhan jumlah base transceiver station (BTS) Telkomsel di Kabupaten Lebak mencapai 21%, yang mana 48% penambahan jaringannya sudah berteknologi terdepan 4G LTE.

"Penambahan jumlah dan cakupan jaringan ini diharapkan akan memberikan pengalaman akses broadband dan digital yang maksimal oleh masyarakat Lebak, di mana trafik penggunaan layanan data di Kabupaten Lebak telah meningkat hingga 175% dibandingkan periode yang sama tahun lalu" pungkas Ririn. (rou/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed