Senin, 27 Nov 2017 21:42 WIB

Ericsson Puji Upaya Indonesia Terapkan 5G

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Gencarnya pemerintah menumbuhkan ekonomi digital, membuat Ericsson percaya bahwa Indonesia berada di jalan yang benar dalam penerapan teknologi 5G.

Ditemui dalam wawancara terbatas di Hotel Shangri-La, Jakarta, Senin (27/11/2017), President Director of Ericsson Indonesia Jerry Soper mengatakan, pemerintah cukup suportif dalam mendorong implementasi teknologi 5G.

Ucapan senada juga diucapkan Senior Vice President and Head of Business Area Digital Services Ericsson Ulf Ewaldsson yang ditemui dalam kesempatan yang sama.

"Pemerintah melakukan banyak pengembangan infrastruktur, dan itu bagus. Pak Rudiantara sangat mengerti ekonomi berbasis software dan application development permintaannya sangat tinggi, dan butuh platform yang mumpuni juga," ujar Ulf.

Dia juga mengatakan, Indonesia memiliki banyak sumber daya potensial dalam sektor technopreneur, yang dapat berperan besar untuk mencapai target ekonomi digital dalam negeri pada 2020 mendatang.

"5G bisa dibilang merupakan sebuah platform besar yang penuh inovasi. Orang-orang yang dapat menikmati keunggulan teknologi 5G tidak harus memiliki perusahaan yang besar," katanya.

Ericsson Puji Upaya Indonesia Terapkan 5GFoto: Muhamad Imron Rosyadi/detikINET


"Dengan banyaknya contoh entrepreneur yang bagus di Indonesia, kumpulan beberapa orang pun dapat mendorong perkembangan e-commerce di Indonesia, yang notabene merupakan salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi digital yang paling pesat di Asia Tenggara," ia menambahkan.

Hal tersebut diamini Executive Vice President and Head of of Business Area Networks Ericsson Friedrik Jejdling yang turut hadir.

Dia mengatakan, penggunaan 5G berbeda-beda di tiap negara, tergantung kebutuhan di daerah tersebut. Baginya, tren perkembangan ekonomi digital di Indonesia akan menjadi fokus utama dalam implementasi 5G.

"Jika di Amerika Serikat lebih mengarah pada kecepatan mobile data bagi konsumen, China condong pada perkembangan industri, maka tren di Indonesia akan menyasar ekonomi digital sebagaimana ambisi besar pemerintah pada sektor tersebut," ujarnya.

Ulf menambahkan, masyarakat Indonesia sendiri menciptakan ekosistem yang baik dalam mendorong kemajuan implementasi teknologi 5G di Tanah Air.

"Bisa dibilang, tidak ada hal yang dapat menghalangi perkembangan 5G di Indonesia sebagai negara yang technology friendly. Banyak masyarakat, baik usia muda maupun tua, yang ingin mencoba hal baru," pungkasnya. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed