Rabu, 15 Nov 2017 15:24 WIB

2024, Internet Cepat Selimuti Sekolah Seluruh Provinsi

Rois Jajeli - detikInet
Foto: Gettyimages Foto: Gettyimages
Surabaya - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara menargetkan sekolah dan madrasah di seluruh provinsi di Indonesia pada 2024, sudah terkoneksi internet berkecepatan tinggi.

"Pemerintah melakukan kebijakan keberpihakan. Tahun 2018 akhir akan menetapkan membangun satelit, yang diharapkan 2021 akhir atau 2022 awal, satelit (Palapa Ring) sudah ada di sana (mengudara)," kata Rudiantara usai menghadiri pembukaan pelatihan Peningkatan kompetensi TIK guru 'Sekolah Garis Depan' di Hotel JW Marriott, Surabaya, Selasa (14/11) malam.

Satelit Palapa Ring adalah proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang bisa menjangkau 34 provinsi, 440 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

"Satelit ini bukan untuk satelit komunikasi. Tapi satelit untuk internet berkecepatan tinggi," ujarnya.

Selama menunggu Satelit Palapa Ring berada di orbitnya, Kemenkominfo tetap memberikan bantuan akses internet di sekolah, termasuk sekolah yang berada di garis terdepan atau garis terluar wilayah Indonesia.

2024, Internet Cepat Selimuti Sekolah Seluruh Provinsi   Foto: Rois Jajeli


Akses internet tersebut bukan hanya bertujuan mendukung pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK), tetapi juga dapat digunakan kegiatan belajar mengajar sehari-hari.

"Perhitungan kami ada sekitar 240 ribu sekolah termasuk madrasah. Itu sekitar hampir 100 ribu belum terkoneksi dengan internet dengan kapasitas yang cukup," ujarnya.

Pihaknya tidak akan menunggu satelit Palapa Ring tersebut rampung untuk menyelesaikan hampir 100 ribu sekolah yang belum terjangkau internet berkecepatan tinggi.

"Secara bertahap, 2019 akan kami gunakan satelit. Tapi satelitnya masih menyewa dulu. Sedangkan pada akhir 2021, tinggal memindahkan ke satelit milik sendiri," sebutnya.

Lebih dari 200 ribu sekolah, 10 ribu puskesmas, perguruan tinggi, semua kantor Polres, Polsek, kantor Koramil, Kodim, kelurahan, desa (total 75 ribu), dijanjikan Rudiantara di 2024 sudah terhubung dengan internet berkecepatan tinggi.

"Prioritasnya nomor satu adalah pendidikan," tegasnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy yang juga hadir dalam acara tersebut menambahkan, maksud dari Menkominfo, internet tak sekadar digunakan dalam pelaksanaan UNBK.

"Tapi juga kebutuhan sehari-hari kegiatan sehari-hari belajar mengajar mereka di sekolah. Itu butuh jaringan internet kecepatan tinggi dan 24 jam," sebutnya. (rns/rns)
-

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed