Rabu, 15 Nov 2017 10:52 WIB

Menkominfo: 60 Juta Pelanggan SIM Card Prabayar Sudah Registrasi

Rois Jajeli - detikInet
Foto: Registrasi SIM Card (Ilustrasi: Fuad Hasim/detikcom) Foto: Registrasi SIM Card (Ilustrasi: Fuad Hasim/detikcom)
Surabaya - Jumlah pelanggan SIM card di Indonesia diperkirakan mencapai ratusan juta kartu. Sejauh ini, pelanggan yang sudah melakukan registrasi SIM card mencapai 60 juta.

"Sampai sekarang sekitar 60 juta (pelanggan SIM card prabayar) yang sudah teregristrasi," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara kepada wartawan, usai menghadiri pembukaan pelatihan peningkatan kompetensi TIK guru 'Sekolah Garis Depan' di Hotel JW Marriott, Surabaya, Selasa (14/11) malam.

Menkominfo telah menerbitkan peraturan Menteri Kominfo nomor 21 Tahun 2017 tentang Regristrasi pelanggan jasa telekomunikasi. Peraturan tersebut berlaku sejak 31 Oktober 2017. Sedangkan batas akhir regristrasi pelanggan SIM card prabayar yakni pada Februari 2018.

"Hingga batas akhir Februari 2018 belum teregristrasi, kami akan blokir, dan tidak bisa melakukan telepon, SMS, mengakses internet," ujarnya.

Dia mengatakan, waktu regristrasi kartu SIM prabayar sangat cepat yakni kurang dari 1 menit, dan tidak dikenakan biaya. Hanya memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).

Namun Menkominfo pun mengaku mendengar berbagai keluhan masyarakat, antara lain kesulitan memasukkan 16 digit angka NIK dan 16 digit nomor KK.

"Saya harap masyarakat memasukkan (NIK dan nomor KK) dengan lebih teliti lagi," harapnya.

Rudiantara pun tak bosannya mengulangi, bahwa aturan registrasi SIM card prabayar bertujuan memberikan kenyamanan bagi pelanggan. Selain itu, program ini juga bisa menekan hal-hal tidak diinginkan, yang dapat merugikan pelanggan sendiri maupun orang lain.

"Selama ini kita menerima tawaran macam-macam produk melalui SMS. Padahal kita tidak butuh produk yang ditawarkan itu. Gangguan-gangguan semacam ini, nantinya bisa kita tekan," tegasnya. (rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed